Pengamat Ini Sayangkan TNI Aktif Maju Pilgub DKI

Pengamat Ini Sayangkan TNI Aktif Maju Pilgub DKI
Agus Yudhoyono. (dok/Sindophoto)
A+ A-
JAKARTA - Pengamat Politik Emrus Sihombing menyayangkan nama Agus Harimurti Yudhyono dan Sylviana Murni dicalonkan menjadi Cagub dan Cawagub pada Pilkada DKI 2017.

Terlebih kepada Agus, Emrus menyayangkan anak SBY itu harus meninggalkan jabatannya di TNI hanya untuk berlaga menuju DKI 1. Agus memang saat ini memiliki pangkat Mayor Infanteri yang kini menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning.

"Sangat menyayangkan, umumnya TNI berpolitik ketika seorang TNI sudah pensiun sehingga tidak perlu mundur seperti ini," ujar Emrus kepada Sindonews, Jumat (23/9/2016).

Emrus bahkan mempertanyakan proses bagi Agus jika akan mundur dari jabatannya saat ini. Apakah proses akan dijalani sama sesuai dengan Peraturan yang ada atau tidak.

"Masa iya mundur hanya 2-3 jam kemudian disetujui oleh atasannya mungkin bisa juga sebenarnya Agus sudah ingin mundur dari 2-3 bulan yang lalu. Ini akan jadi persoalan lagi," tuturnya.

Mengenai kemampuannya untuk menjadi kepala daerah, Emrus hanya akan menganalogikan seperti seorang guru yang mengajarkan seorang anak yang tentunya hanya bisa dibidangnya. Ini menyangkut kapabilitas Agus di politik.

"Misalnya guru TK mengajar TK, saya mengajar S1, apakah saya kalau mengajar TK apakah saya kapable untuk itu. Jadi dalam hal ini Agus kapable untuk konteks militer, begitu juga risma dan ridwan kamil yang kapable dalam hal memimpin daerah. Nah Agus kapabilitas dalam konteks apa?" tutup Emrus.


(ysw)
dibaca 19.465x
Top