Idul Adha, Operator Jalan Tol Prediksi Lonjakan Kendaraan Capai 7%

Kamis, 08 September 2016 - 20:07 WIB
Idul Adha, Operator Jalan Tol Prediksi Lonjakan Kendaraan Capai 7%
Idul Adha, Operator Jalan Tol Prediksi Lonjakan Kendaraan Capai 7%
A A A
TANGERANG - Jelang Idul Adha 1437 Hijriyah, operator Jalan Tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandala Sakti (MMS) memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan sebesar 7% dari rata-rata harian atau menjadi 140 ribu kendaraan.

"Puncak kepadatan lalu lintas diprediksi terjadi pada tanggal 9 September 2016, libur panjang selama tiga hari ini dimanfaatkan masyarakat untuk silaturahmi dan wisata," kata Kepala Divisi Hukum dan Humas MMS Indah Permanasari di Tangerang, Kamis (8/9/2016).

PT MMS, kata dia, telah mempersiapkan pelayanan guna menghadapi momen libur hari raya tersebut. Sebanyak 84 gardu akan dioptimalkan untuk melayani transaksi terdiri atas 26 gardu entrance, 52 gardu exit dan enam gardu ramp.

Sebagai peningkatan layanan, kata dia, MMS juga memaksimalkan Gardu Tol Otomatis (GTO) sebanyak 10 gardu yang terdiri atas enam gardu entrance, tiga gardu exit dan satu gardu ramp.

Karenannya, MMS menyarankan pengguna jalan untuk menggunakan kartu prabayar elektronik guna mempercepat waktu transaksi.

"Dengan menggunakan kartu prabayar elektronik, pengguna jalan akan merasakan berbagai manfaat, selain menghemat waktu transaksi juga mengurangi lamanya antrean kendaraan di gardu tol," tuturnya.

Petugas juga akan melakukan pembagian Kartu Tanda Masuk (KTM) dengan sistem jemput kendaraan serta menyiapkan manajemen lalu lintas dalam kondisi situasional.

Jika terjadi peningkatan kendaraan di Gerbang Tol Serang Timur baik Entrance maupun Exit dengan antrean melewati batas aman, maka lalu lintas akan dialihkan Exit Serang Barat.

Demikian halnya bila terjadi di Gerbang Tol Cilegon Timur maka kendaraan akan dialihkan Exit Cilegon Barat. Gerbang Tol Entrance Merak dari Gerbang Tol Cilegon Barat, sedangkan Gerbang Exit Merak dipersiapkan menerima pengalihan kendaraan Exit Cilegon Barat dan Cilegon Timur.

MMS juga menyiapkan petugasnya untuk siaga mengatur ujung antrean di setiap gerbangnya. Armada layanan lalu lintas tol Tangerang-Merak antara lain patroli, ambulans, layanan derek, VMS Mobile siap 24 jam setiap hari untuk membantu dan melayani pengguna jalan Tol Tangerang-Merak.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6248 seconds (0.1#10.140)