PLN Ungkap Kronologi Padamnya Listrik di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Senin, 26 Juni 2023 - 13:10 WIB
loading...
PLN Ungkap Kronologi Padamnya Listrik di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi
PLN UP3 Bekasi memastikan bahwa padamnya lampu di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi terjadi bukan akibat adanya kasus pencurian kabel. Foto: MPI/Jonathan Nalom
A A A
BEKASI - Pihak PLN akhirnya angkat bicara soal padamnya listrik yang terjadi di Stadion Patriot Candrabhaga pada Minggu 25 Juni 2023. Saat itu listrik padam saat digelarnya pertandingan persahabatan antara Persija melawan Ratchaburi FC.

Manager PLN UP3 Bekasi Redi Zusanto memastikan bahwa padamnya lampu di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi terjadi bukan akibat adanya kasus pencurian kabel

Sebelumnya beredar kabar berantai bahwa lampu stadion Patriot Candrabhaga padam akibat adanya kasus pencurian kabel. Belakangan informasi yang dibumbui kabar tertangkapnya dua pelaku pencurian, dipastikan tidak benar atau kabar hoax.



”Pencurian kabel tidak ada. Tadi sudah kita cek, tidak ada kabel yang putus. Di lokasi ini (Stadion Patriot Candrabhaga) tidak ada,” ujar Redi yang ditemui di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Senin (26/6/2023).

Redi mengaku sudah menjalankan semua Standar Operasional Prosedur (SOP) begitu mengetahui lampu Stadion Patriot Candrabhaga padam, saat pertandingan antara Persija menghadapi Ratchaburi FC (Thailand) baru berjalan 15 menit.

”SOP kita jalankan dengan mengecek suplay PLN. Kita cek gardu milik PLN, didapati bahwa saluran ke stadion kondisi aman. Di stadion ini kita siapkan dua suplai atau ada dua saluran ke stadion dari gardu induk (GI) Poncol Baru, jadi kalau ada satunya trouble, otomatis satunya akan memikul. Dua duanya kita cek kondisinya menyala,” ujar Redi.

SOP kedua setelah melihat dari sisi PLN aman, pihaknya lanjut Redi kemudian mengecek gardu milik pelanggan atau milik Stadion Patriot. Di sana didapati ada semacam fuse atau alat yang putus. ”Ada tiga jalur kalau kabel, ada dua yang putus,” katanya.

Agar pertandingan bisa dilanjutkan, maka diputuskan memakai aliran listrik dari genset milik stadion. Setelah pertandingan selesai, PLN UP3 Bekasi dan pengelola stadion, mengecek kembali gardu listrik milik Stadion Patriot. Permasalahan yang ditemukan masih sama.

”Kami nyalakan dan putus kembali. Secara teknis kesalahan ada di sisi trafo. Di hilir trafo sudah dilepas tidak ada kabel. Hanya trafo saja yang di tes, dan alat di sisi pelanggan kembali putus,” kata Redi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)