Tingkatkan Kesejahteraan, Orang Muda Ganjar Pelatihan Tenun Sumba Barat

Minggu, 25 Juni 2023 - 12:04 WIB
loading...
Tingkatkan Kesejahteraan, Orang Muda Ganjar Pelatihan Tenun Sumba Barat
Relawan OMG Sumba Barat mengadakan pelatihan tenun tingkat pemula, Sabtu (24/6/2023). Tujuan pelatihan memberikan dan meningkatkan keterampilan tenun bagi masyarakat, khususnya para pemuda. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SUMBA BARAT - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Sumba Barat Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan pelatihan tenun tingkat pemula. Tujuan pelatihan memberikan dan meningkatkan keterampilan tenun bagi masyarakat, khususnya para pemuda.

Korda OMG Sumba Barat Irvan Sidin mengatakan, pelatihan berfokus pada pemberian keterampilan dasar dalam membuat tenun. Termasuk teknik-teknik yang diperlukan untuk menciptakan karya yang berkualitas.

"Pelatihan tenun tingkat pemula untuk anak muda agar memiliki kreativitas. Mereka juga bisa mengembangkan apa-apa yang ada dan meneruskan warisan leluhur yang memang harus dipertahankan," kata Irvan usai kegiatan di Kelurahan Maliti, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Sabtu (24/6/2023).

Menurut Irvan, kegiatan ini merupakan kesempatan emas para pemuda untuk belajar dan meningkatkan keterampilan dalam bidang tenun. "Sehingga ekonomi saat ini bisa terus berjalan. Tidak hanya mengharapkan ekonomi dari pertanian maupun dari perdagangan, kita bisa meningkatkan kreatifitas khususnya anak muda," ucapnya.

Pelatihan juga sebagai upaya mendukung dan mempromosikan industri tenun di Sumba Barat. Tenunan dari Sumba Barat terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan memiliki nilai seni tinggi.

Dengan mengajarkan keterampilan tenun kepada pemuda, relawan Ganjar Pranowo itu berharap dapat mempertahankan dan meningkatkan keahlian lokal ini. "Untuk Sumba Barat maupun Pulau Sumba, kita memiliki tenun yang berkualitas tinggi. Masyarakat sangat antusias sekali (mengikuti pelatihan) karena pelatihan ini jarang sekali dilakukan," tandasnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat setempat. Anak muda terlibat aktif dalam kegiatan serta merasa senang dan berterima kasih atas upaya yang dilakukan OMG.

"Sangat menyenangkan dan tadi saya disuruh praktik membuat tenun dan senang dan bisa melakukannya. Saya harapkan tenun Sumba Barat lebih dikenal luas dan bisa dilestarikan," ucap seorang anak muda, Fadia.

Dalam pelatihan, OMG Sumba Barat menghadirkan pengrajin tenun profesional bernama Nurhayati. Dia berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada peserta. Juga membantu mereka memahami langkah-langkah dan proses yang diperlukan dalam menciptakan tenun yang indah. Secara bergantian anak muda diajarkan Nurhayati untuk langsung praktik membuat tenun.

Selain itu, masyarakat khususnya anak muda juga menyampaikan harapan dan doa agar Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia pada 2024. Masyarakat yakin Ganjar dapat membawa perubahan yang positif dan berkomitmen menyejahterakan masyarakat serta melestarikan budaya lokal.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)