Asal Usul Kota Manado, Ada Peran Bangsa Eropa dalam Penamaannya

Sabtu, 24 Juni 2023 - 09:01 WIB
loading...
Asal Usul Kota Manado, Ada Peran Bangsa Eropa dalam Penamaannya
Adat masyarakat Kota Manado, Sulawesi Utara. Foto/Dok. manadokota.go.id
A A A
Memiliki pemandangan alam eksotis, Manado menjadi magnet bagi para wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia, dan mancanegara untuk datang dan menikmatinya. Keindahan bawah laut Bunaken, serta Pulau Manado Tua, dan Siladen, sudah tak perlu lagi diperdebatkan lagi.



Di Pulau Sulawesi, Manado menjadi salah satu kota besar setelah Makassar, yang keberadaannya sangat penting dan strategis dalam berbagai bidang kegiatan masyarakat. Pesona alam yang dimiliki, berbanding lurus dengan keramahan masyarakatnya, sehingga membuat siapapun betah berada di kota pesisir ini.



Kemolekan Manado, ternyata juga menyimpan sejarah panjang. Bahkan, nama Manado terlahir dari interaksi panjang masyarakat Minahasa yang diduga menjadi asal mula penduduk Manado, serta masyarakat dari berbagai belahan Benua Eropa.



Ya, Manado di masa lampau banyak disinggahi orang-orang dari berbagai negara di Eropa. Di antaranya Portugis, Spanyol, dan Belanda. Orang-orang Eropa tersebut, datang ke Manado pada awalnya untuk berdagang dan mencari rempah, namun ujungnya melakukan penjajahan karena tergiur dengan kekayaan alam di Manado.

Dari tangan orang-orang Eropa ini juga, catatan sejarah tentang munculnya nama Manado dapat terungkap, meskipun hingga kini bukti fisik asal usul penamaan Manado masih banyak menjadi perdebatan. Banyak versi dari para akademisi dan tokoh masyarakat adat, tentang interpertasi asal nama Manado.

Dilansir dari laman resmi Pemkot Manado, manadokota.go.id, hingga tahun 1947 Manado masih menjadi bagian dari wilayah Minahasa. Pada awalnya wilayah tersebut bernama Wenang, sebelum akhirnya lahir nama Manado.

"Menurut Profesor Geraldine Manoppo-Watupongoh, pergantian nama Wenang menjadi Manado, dilakukan oleh Spanyol pada tahun 1682. Manado diambil dari nama pulau di sebelah Bunaken, yaitu pulau Manado (kini Manado Tua)," tulis laman manadokota.go.id.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3173 seconds (0.1#10.140)