Senator Amerika: Jika Putin Gunakan Bom Nuklir di Ukraina, Rusia Perang dengan AS-NATO!

Jum'at, 23 Juni 2023 - 11:39 WIB
loading...
Senator Amerika: Jika Putin Gunakan Bom Nuklir di Ukraina, Rusia Perang dengan AS-NATO!
Dua senator top Amerika perkenalkan resolusi yang wajibkan Amerika Serikat perang dengan Rusia jika Vladimir Putin gunakan bom nuklir di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Dua senator top Amerika Serikat (AS) telah memperkenalkan resolusi yang mewajibkan Amerika untuk perang dengan Rusia. Menurut mereka, perang itu akan benar-benar terjadi jika Moskow menggunakan bom nuklir dalam perangnya di Ukraina.

Senator Republik Lindsey Graham dan Senator Demokrat Richard Blumenthal khawatir keputusan Rusia mengerahkan senjata nuklir taktis ke Belarusia akan digunakan untuk melawan Ukraina.

Kedua senator itu telah memperkenalkan resolusi bahwa jika Rusia menggunakan senjata nuklir di Ukraina, itu akan dianggap sebagai serangan terhadap NATO. Itu akan mewajibkan Amerika Serikat untuk berperang.

“Ancaman penggunaan perangkat nuklir oleh Rusia adalah nyata,” kata Graham.



Mereka mengatakan lolosnya resolusi itu akan mengirim pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Jika Anda menggunakan senjata nuklir sebagai upaya untuk membalikkan perang ini, Anda tidak akan membalikkan perang di Ukraina, Anda akan berperang dengan NATO,” kata Graham, seperti dikutip WFLA, Jumat (23/6/2023).

“Membahayakan sekutu NATO kami memicu kewajiban kami ketika datang dari kekuatan musuh,” imbuh Blumenthal.

Para senator bersikeras mereka tidak ingin militer AS terlibat dalam perang. Mereka bilang tujuan mereka justru sebaliknya.

“Apa yang kami coba lakukan adalah menghindari keterlibatan pasukan Amerika dengan kesalahan perhitungan di pihak Putin bahwa kami hanya akan duduk diam,” kata Blumenthal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0857 seconds (0.1#10.140)