Sutradara Titanic James Cameron Buka Suara Soal Tragedi Kapal Selam Titan

Jum'at, 23 Juni 2023 - 08:33 WIB
loading...
Sutradara Titanic James Cameron Buka Suara Soal Tragedi Kapal Selam Titan
Sutradara James Cameron akhirnya buka suara mengenai tragedi kapal selam Titan. Foto: dok Getty Images
A A A
AMERIKA - James Cameron , sutradara film Titanic akhirnya buka suara mengenai tragedi kapal selam Titan yang diduga hancur saat melakukan eksplorasi wisata di reruntuhan kapal Titanic. Apa katanya?

Sutradara yang juga merupakan penyelam profesional itu mengaku terkejut dan sedih atas peristiwa yang dialami oleh kapal selam Titan.

Terutama atas tewasnya lima orang penumpang kapal selam Titan. Apalagi menurutnya satu dari lima orang yang diyakini tewas tersebut adalah sahabat baiknya, penyelam dari Prancis, Paul-Henry Nargeolet.

Kepada ABC News, James Cameron mengatakan tragedi yang dialami Titan memiliki kesamaan dengan peristiwa sedih Titanic yang terjadi pada 1912 lalu. Menurutnya dua peristiwa itu terjadi karena melibatkan peringatan yang tidak diindahkan sehingga berujung pada tragedi.

Sutradara Titanic James Cameron Buka Suara Soal Tragedi Kapal Selam Titan

James Cameron dengan kapal selam yang dipakai menjelajah Palung Mariana. Foto: ist

Titanic menurut James Cameron sudah mendapatkan peringatan akan adanya gunung es atau iceberg dalam rute pelayaran mereka.
Sayangnya kapten Titanic Edward John Smith justru tidak mengindahkan peringatan tersebut dan memilih terus melaju dengan kecepatan penuh dengan pencahayaan yang sangat minim.

Dalam hal tragedi Titan, James Cameron mengatakan OceanGate telah mendapatkan banyak peringatan dari para praktisi eksplorasi bawah laut mengenai kondisi kapal selam milik mereka. Kritikan itu datang karena kondisi kapal selam Titan dibuat dengan tidak ideal.

Bahkan upaya mereka langsung mengajak wisatawan untuk ikut menyelam dengan Titan untuk melihat Titanic sangat eksperimental dan berbahaya.

“Ini adalah tragedi yang sangat mirip di mana peringatan tidak diindahkan. Dan terjadi di tempat yang sama persis. Saya hanya berpikir itu mengherankan, itu benar-benar tidak nyata,” jelasnya.

Dia juga mengatakan sebenarnya eksplorasi bawah laut dengan menggunakan kapal dilakukan dengan sangat teliti, cermat, dan terukur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6326 seconds (0.1#10.140)