1,7 Juta Orang Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Suci

Kamis, 22 Juni 2023 - 10:50 WIB
loading...
1,7 Juta Orang Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Suci
Jemaah haji saat akan melakukan salat di Masjidil Haram menjelang ibadah haji, pada 19 Juni 2023. (GN)
A A A
Lebih dari 2 juta orang jemaah dari lebih dari 160 negara diperkirakan akan melakukan haji tahun ini. Sampai kini sudah 1,7 juta jemaah haji dari luar negeri yang tiba di Arab Saudi.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi , Dr Tawfiq Al Rabiah, mengatakan mengatakan tempat suci Mina, Arafah , dan Muzdalifa terhubung dengan sistem transportasi terintegrasi, didukung oleh kereta listrik Mashair yang ramah lingkungan.

Kereta api terdiri dari 17 kereta yang mencakup 9 stasiun dan dapat mengangkut sekitar 72.000 penumpang per jam. Selain itu, armada lebih dari 24.000 bus tersedia untuk para peziarah.



Dia mencatat ada fasilitas khusus untuk melayani para peziarah. “Kami telah menerapkan sistem kesehatan, keamanan, dan layanan serta peralatan sipil yang canggih, dengan kemampuan Saudi yang luar biasa, terutama di Mina, kota tenda terbesar di dunia, yang tersebar di 192.000 meter persegi untuk menampung para peziarah,” katanya sebagaimana dilansir Gulf News. Rabu 21 Junu 2023.

Menteri menyebutkan bahwa jumlah tenaga kesehatan yang melayani jemaah melebihi 32.000 orang, mencerminkan skala sumber daya yang dikerahkan untuk acara tersebut.

Pengaturan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman spiritual para tamu Tuhan dan memfasilitasi pelaksanaan ritual mereka dengan lancar.

“Pencapaian ini bukanlah hasil beberapa hari tetapi merupakan usaha bertahun-tahun yang digali segala kemungkinan untuk mewujudkan kenyamanan para jamaah,” ujarnya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)