Usbat Ganjar Gelar Pelatihan Tata Cara Salat dengan Hudhur Al Qalbi

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:45 WIB
loading...
Usbat Ganjar Gelar Pelatihan Tata Cara Salat dengan Hudhur Al Qalbi
Relawan Usbat Ganjar Sumut memberikan edukasi tentang tata cara salat dengan hudhur al qalbi kepada jemaah perwiritan di Desa Lubuk Bayas, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (20/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SERDANG BEGADAI - Relawan Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut memberikan edukasi tentang tata cara salat dengan hudhur al qalbi kepada jemaah perwiritan di Kabupaten Serdang Bedagai. Pelatihan tata cara salat dengan menghadirkan hati tersebut ini diisi trainer M Iqbal.

"Hudhur qalbi ini tata cara yang mana ketika salat kita menghadirkan hati untuk mengingat Allah, mengosongkan hati dari perbuatan selain salat," kata Korda Usbat Ganjar Serdang Bedagai Bima Wardani Damanik di di Desa Lubuk Bayas, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (20/6/2023).

Dalam pelatihan ini, dicontohkan gerakan salat yang baik dan benar agar kualitas ibadah para jemaah makin meningkat. Gerakan-gerakan salat ini berimplikasi terhadap ketenangan hati dan kesehatan jasmani dan rohani.

"Dalam pelatihan tadi, ada beberapa gerakan salat. Seperti rukuk secara tumakninah, sujud dengan benar, dan iktidal. Ini berkaitan dengan kesehatan dan ketenangan hati kita," ujarnya.

Tujuan dari kegiatan ini untuk perbaikan dalam kualitas ibadah. Dia berharap setelah mengikuti pelatihan ini, masyarakat makin giat beribadah dan menyempurnakan salatnya. "Kami berharap dengan pelatihan ini, masyarakat lebih mencintai salat dan tidak ada rasa malas untuk melaksanakannya," ujarnya.

Bima menjelaskan antusiasme masyarakat di desa ini sangat luar biasa. Menurut dia, ini salah satu kegiatan yang baru pertama kali diadakan di Serdang Bedagai. "Tidak semua orang dapat memahami dan menjabarkan materi dalam pelatihan ini. Peserta yang hadir lebih dari 100 orang," tuturnya.

Usbat Ganjar Sumut juga memberikan pengeras suara dan tikar untuk menunjang kegiatan ibadah bagi jemaah perwiritan di desa tersebut. Mereka juga mendoakan Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024.

Samsuri, 34, salah satu peserta menyambut baik dan positif pelatihan yang diadakan Usbat Ganjar ini. "Pelatihan tata cara salat yang tadi diajarkan cukup bagus untuk mengedukasi kami bahwa gerakan salat itu tidak seperti yang kami lakukan sehari-hari," ungkapnya.

Menurut Samsuri, gerakan salat yang diajarkan membuatnya paham bagaimana salat agar khusyuk dengan menghadirkan hati. Dia diajari cara iktidal hingga sujud yang benar.

Dia berharap kegiatan seperti ini bisa dilangsungkan di beberapa tempat di Sumut sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat lebih luas. Pria yang bekerja sebagai petani itu juga mendoakan Ganjar Pranowo agar menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. "Semoga ke depan Pak Ganjar bisa menjadi contoh teladan bagi rakyat dan menang dalam Pilpres 2024," terangnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3079 seconds (0.1#10.140)