3 Perbedaan Kopi Asli dan Sachet Paling Mendasar, Penikmat Pemula Harus Tahu

Kamis, 15 Juni 2023 - 14:14 WIB
loading...
3 Perbedaan Kopi Asli dan Sachet Paling Mendasar, Penikmat Pemula Harus Tahu
Perbedaan kopi asli dengan kopi dalam kemasan sachet sekilas tidak terlihat. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Perbedaan kopi asli dengan kopi dalam kemasan sachet sekilas tidak terlihat. Tapi, para pecinta kopi sudah pasti tak kesulitan membedakannya.

Dari cara pembuatan, lama proses pembuatannya, hingga cita rasa yang dihasilkan tentu memiliki perbedaan yang bisa Anda temukan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan antara kopi asli dan kopi sachet.

1. Sejarah

Biasanya, secangkir kopi dibuat dari biji kopi yang baru ditumbuk dan dipanggang. Biji kopi ditanam langsung dari pohon kopi, kemudian dipetik dan disangrai untuk dijadikan produk akhir.



Kopi instan ditemukan pada 1901, tetapi baru tersedia secara komersial tahun 1938. Sementara kopi asli sudah ditemukan ratusan tahun lalu, yang tentu berasal dari biji kopi langsung.

2. Waktu dan Cara Pembuatan

Sesuai namanya, kopi instan diciptakan sebagai jalan pintas untuk proses penyeduhan kopi biasa yang panjang. Dengan kopi instan, peminum kopi dapat membuat secangkir kopi dalam hitungan detik. Kopi biasa adalah biji kopi yang disangrai dan digiling yang merupakan biji dari pohon kopi.

Tapi, kopi instan dibuat melalui proses penyeduhan singkat dari kopi biasa dengan mengeringkannya dan meninggalkan bubuk yang direhidrasi untuk membuat kopi. Kopi biasa umumnya bercita rasa yang jauh lebih enak daripada kopi instan.

Resep kopi instan terlalu mudah dibuat dengan menambahkan air panas ke dalam secangkir kopi dan produknya mirip dengan kopi yang baru diseduh.

Kopi instan dibuat saat kopi yang baru digiling, dibasahi, dan dibekukan. Saat membeku, semua udara dikeluarkan dari bejana untuk mengurangi kondensasi, dan kemudian bejana dibawa ke suhu yang lebih tinggi. Jadi produk akhirnya adalah bubuk kopi kering yang dikemas dan dijual sebagai kopi instan.

Saat biji kopi dipanaskan melalui metode semprot kering, biji kopi dibawa ke suhu tinggi untuk dehidrasi. Jadi jika memilih kopi instan, Anda bisa memilih metode kering beku untuk rasa yang optimal.


3. Jenis yang Dihasilkan

Sebagian besar kedai kopi membuat kopi mereka menggunakan metode penyeduhan kopi biasa. Namun, kedai kopi tidak menggunakan metode tetes yang sama di rumah.

Espresso, yang merupakan jenis kopi khusus disiapkan melalui mesin espresso untuk mendorong sejumlah kecil air melalui kopi yang dikemas rapat dengan kekuatan besar dengan membuat "tembakan". Meski hanya menghasilkan dua ons kopi, tetapi rasanya akan meresap untuk secangkir penuh.

Peminum kopi biasa hanya menyukai kopi biasa karena kualitas produknya lebih baik. Tetapi kopi instan sudah jauh berkembang. Ada berbagai jenis kopi instan yang menawarkan produk berkualitas, dan sering digunakan untuk kenyamanan daripada rasa.

Semua kedai kopi dan kafe profesional, menggunakan metode tetes untuk membuat kopi mereka. Dan metode alternatifnya adalah mesin espresso untuk membuat espresso yang baru diseduh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)