Polisi Tutup Jalan Medan Merdeka Barat Depan Gedung MK

Kamis, 15 Juni 2023 - 10:46 WIB
loading...
Polisi Tutup Jalan Medan Merdeka Barat Depan Gedung MK
Tidak ada kendaraan yang melintas di depan Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat. Karena jalan itu sedang ditutup sementara oleh pihak kepolisian. Foto: MPI/Danandaya Arya Putra
A A A
JAKARTA - Pihak kepolisian telah menutup akses Jalan Medan Merdeka Barat tepatnya di depan Gedung Mahkamah Konstitusi ( MK ). Pengendara dari Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin sudah tidak melintas.

"Iya sudah ditutup," ujar petugas kepolisian, Kamis (15/6/2023).



Pantauan MNC Portal Indonesia, penutupan itu berlangsung sekitar pukul 09.40 WIB. Terlihat tidak ada pengendara yang melintasin Jalan Merdeka Barat.

Penutupan ini dilakukan, jelang sidang sistem Pemilu 2024 yang akan diputuskan MK. Sidang putusan proporsional terbuka atau tertutup rencananya mulai berlangsung pukul 09.30 WIB.



Selain penutupan Jalan Merdeka Barat, tampak juga dua mobil baja taktis jenis wilf, dan satu mobil baja taktis jenis Barracuda. Para polisi berpakaian Brimod juga tampak berjaga di Gedung MK.

Gugatan judicial review ini diajukan enam orang pemohon pada 14 November 2022. Mereka adalah Demas Brian Wicaksono (kader PDIP), Yuwono Pintadi (kader Nasdem), Fahrurrozi dan Ibnu Rachman Jaya.

Selain itu, ada juga Riyanto dan Nono Marijono. Keenamnya juga menunjuk Sururudin dan Iwan Maftukhan sebagai kuasa hukumnya. Mereka meminta MK mengembalikan sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup.

Kabar bocoran putusan MK sempat menghebohkan publik. Di mana, mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana mengungkap, adanya informasi perihal putusan MK akan mengembalikan pemilu pada sistem proporsional tertutup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)