Uji Coba Ganjil Genap, Polisi Klaim Kurangi Kemacetan 20%

Rabu, 27 Juli 2016 - 19:27 WIB
Uji Coba Ganjil Genap, Polisi Klaim Kurangi Kemacetan 20%
Uji Coba Ganjil Genap, Polisi Klaim Kurangi Kemacetan 20%
A A A
JAKARTA - Uji coba sistem ganjil genap diklaim mengurangi kemacetan di jalur protokol sebanyak 20%. Hal itu diketahui berdasarkan hasil evaluasi hari pertama penerapan uji coba ganjil genap.

"Seluruh jalur protokol yang dilakukan uji coba cukup lancar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2016).

Meski demikian, kemacetan terjadi di jalur-jalur alternatif. Maka itu, kata dia, personel yang diturunkan di jalur alternatif ditambah.

"Biasanya hanya 150 personel, sekarang ada 200 personel," tukasnya. (Baca: Hari Pertama Uji Coba, Banyak Mobil Berpelat Genap Nekat Menerobos)

Selama uji coba 30 hari ke depan, kata dia, pelanggar hanya akan dilakukan peneguran karena ini masih sosialisasi. Setelah itu, akan ada penindakan yang dilakukan dengan penilangan.

Sementara, dari pantauan SINDO, masih banyak kendaraan dengan nomor genap masuk ke jalan protokol saat penerapan untuk pelat ganjil. Hal tersebut juga tidak ada peneguran.

"Susah kami hentikan (kendaraan) kalau lampunya hijau. Kalau merah bisa kami periksa," tegas Brigadir Rahmat saat menjaga di kawasan Sudirman.

Menurutnya, dalam melakukan penindakan, dirinya bersama anggota cukup melakukan peneguran secara lisan dan meminta kendaraan tersebut keluar dari jalur protokol.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6624 seconds (0.1#10.140)