Uji Coba Ganjil Genap, Polda Awasi Kantong Parkir

Rabu, 27 Juli 2016 - 01:25 WIB
Uji Coba Ganjil Genap, Polda Awasi Kantong Parkir
Uji Coba Ganjil Genap, Polda Awasi Kantong Parkir
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya akan mengawasi kemungkinan membludaknya jumlah mobil di kantong-kantong parkir saat uji coba ganjil-genap dimulai, pada Rabu (27/7/2016) pagi ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, kantong-kantong parkir yang diprediksi akan banyak dipakai adalah mal atau gedung-gedung perkantoran, terutama yang berada di ujung jalur masuk kawasan ganjil-genap. "Kami sudah antisipasi itu. Sudah kami petakan lokasi-lokasi yang mungkin jadi kantong parkir," kata Awi Setiyono pada wartawa Selasa, 26 Juli 2016 kemarin.

Menurut Awi, lokasi yang diprediksi bakal jadi kantong parkir, antara lain di kawasan Blok M dan Kota Tua. Di kantong parkir kawasan Blok M, pengendara dapat memarkir kendaraannya di Jalan Falatehan, Jalan Sunan Kalijaga, ataupun di area parkir pusat perbelanjaan Blok M.

Pada lokasi itu sudah berlaku sistem parkir elektronik yakni, tarif parkir mobil Rp5.000 per jam dan kena tambahan biaya setiap jam berikutnya. Jika memarkir kendaraannya sehari penuh, pengendara harus membayar tarif maksimal yang berlaku, yakni Rp20.000.

Sementara di kawasan pusat perbelanjaan Blok M, juga tersedia area parkir yang dikelola swasta, tarifnya Rp4.000 per jam. Awi menuturkan, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, sebabnya, dikhawatirkan justru terjadi penumpukan kendaraan di kantong-kantong parkir.

Sementara itu, Kabid MRLL Dishubtrans DKI Jakarta Priyanto mengatakan, tidak menyarankan pengemudi memakai kantong-kantong parkir. "Makanya kami juga tidak sediakan kantong-kantong parkir," tegasnya.

Untuk itu, nantinya akan diatur secara situasional di kantong-kantong parkir. Apabila membuat kemacetan panjang, maka akan diberi peringatan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6100 seconds (0.1#10.140)