Tax Amnesty Berjalan Mulus, Pertumbuhan Ekonomi Bisa Capai 5,3%

Senin, 25 Juli 2016 - 22:10 WIB
Tax Amnesty Berjalan Mulus, Pertumbuhan Ekonomi Bisa Capai 5,3%
Tax Amnesty Berjalan Mulus, Pertumbuhan Ekonomi Bisa Capai 5,3%
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan, jika keberhasilan tax amnesty bisa dirasakan tahun ini, maka pertumbuhan ekonomi untuk akhir tahun diperkirakan akan mencapai 5,3%. Lanjut dia jika kembali dimaksimalkan lagi tahun depan, maka kemungkinan pertumbuhan ekonomi bakal tembus 5,6%.

Pemerintah sendiri berharap bahwa dalam 3 bulan pertama pelaksanaan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty ini, dana repatriasi yang masuk akan maksimal sehingga membantu mendongkrak penerimaan negara.

"Kalau tax amnesty dimasukkan dalam APBN tahun 2016 ini pertumbuhan ekonomi bisa naik dari 5,09% mungkin menjadi kisaran 5,3%. Kalau dimasukkan untuk tahun depan, kemungkinan bisa mencapai 5,6%," kata dia di gedung DPR Jakarta, Senin (25/7/2016).

(Baca Juga: Tax Amnesty Bisa untuk Kejar Ketertinggalan Infrastruktur)

Dia menambahkan ini merupakan kombinasi dari kebijakan reformasi di sektor riil oleh pemerintah, dan ditambah APBN-P yang sudah disetujui serta ditambah pengampunan pajak yang sudah disahkan menjadi Undang-undang (UU). "Jadi, kita harus bekerja keras menindaklanjuti komitmen-komitmen yang ada saat ini. Agar semuanya bisa dicapai dengan maksimal," lanjutnya.

Agus berharap dampak tax amnesty bisa langsung terasa, tertutama di sektor rill agar roda perekonomian bisa berjalan dengan baik meskipun ekonomi dunia masih penuh dengan ketidakpastian.

"Kalau tax amnesty, kita harapannya bisa langsung terasa utamanya untuk pembangunan di sektor rill yang bisa membantu mendorong perekonomian kita menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8945 seconds (0.1#10.140)