6 Negara yang Mempunyai Pangkalan Militer di Negara Lain, Nomor 5 Tetangga Indonesia

Rabu, 07 Juni 2023 - 16:39 WIB
loading...
6 Negara yang Mempunyai Pangkalan Militer di Negara Lain, Nomor 5 Tetangga Indonesia
Pangkalan militer di negara lain memperkuat eksistensi dan intervensi. Foto/Reuters
A A A
SINGAPURA - Pangkalan militer di negara lain merupakan suatu bentuk upaya menunjukkan kekuatan mereka kepada dunia. Banyak negara juga berlomba untuk berekspansi memperbanyak dan memperkuat pangkalan militer di negara lain.

Pangkalan militer di negara asing bukan menunjukkan suatu intervensi, tetapi justru sebagai kedekatan. Itu juga akan menambah persepsi bahwa negara tersebut memiliki kesepakatan militer dengan negara lain.

Berikut adalah 6 negara di dunia yang memiliki pangkalan militer di negara lain.

1. Amerika Serikat

6 Negara yang Mempunyai Pangkalan Militer di Negara Lain, Nomor 5 Tetangga Indonesia

Foto/Reuters

Ada sekitar 750 pangkalan militer asing AS; mereka tersebar di 80 negara.

Melansir The Soldiers Project, setiap pangkalan memiliki tujuannya sendiri. Biasanya, pangkalan untuk tujuan keamanan tertentu atau stabilitas regional secara keseluruhan.

Beberapa pangkalan untuk mendukung sekutu jika terjadi konflik. Basis utama dapat ditelusuri kembali ke upaya stabilisasi tepat setelah Perang Dunia Kedua.

Secara keseluruhan. Pangkalan asing AS ini berkontribusi pada hubungan negara. Negara tuan rumah biasanya menerima dukungan dalam hal keuangan dan/atau hubungan keduanya.



Dalam pandangan David Vine, pakar sosiologi militer dan penulis buku Base Nation: How U.S. Military Bases Abroad Harm America and the World, mengungkapkan AS mempertahankan pangkalan dan pasukan di luar negeri menelan biaya USD85 hingga USD100 miliar per tahunnya.

“Biaya ini telah meningkatkan perdebatan tentang apakah Amerika Serikat membutuhkan begitu banyak pangkalan di luar negeri: Apa pengaruhnya di seluruh dunia, dan apakah mereka benar-benar membuat kita lebih aman?” kritiknya dilansir Politico.

2. Inggris

Inggris memiliki 145 pangkalan di luar negeri dan 42 negara.

Militer Inggris memiliki jaringan pangkalan yang jauh lebih luas daripada yang pernah disajikan oleh Kementerian Pertahanan. Penelitian baru oleh Declassified mengungkap sejauh mana kehadiran militer global ini untuk pertama kalinya – saat pemerintah mengumumkan pengeluaran tambahan 10% untuk pertahanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)