Ustaz Adi Hidayat Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari UMJ, Rektor: Sosok Dai yang Cerdas

Selasa, 30 Mei 2023 - 17:08 WIB
loading...
Ustaz Adi Hidayat Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari UMJ, Rektor: Sosok Dai yang Cerdas
UMJ menganugerahkan gelar kehormatan Doctor Honoris Causa untuk Ustaz Adi Hidayat. Foto/UMJ.
A A A
JAKARTA - UMJ menganugerahkan gelar kehormatan Doctor Honoris Causa untuk Ustaz Adi Hidayat (UAH) dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam, Selasa (30/5/2023). Dalam orasi ilmiahnya, UAH menyampaikan strategi Manajemen Pendidikan Islam melalui tiga poros.

Ustaz Adi Hidayat secara resmi diberikan gelar Doctor HC berdasarkan SK Rektor UMJ No. 218 Tahun 2023 tentang Penetapan pemberian gelar doktor kehormatan Dr. (HC) pada Ustaz Adi Hidayat di Aula KH. A. Azhar Basyir UMJ.

Ketua Promotor Prof. Masyitoh Chusnan dalam laporan pertanggung jawabannya menyampaikan bahwa selama dua tahun UAH telah melakukan penelitian, penelusuran kebenaran, serta penilaian kelayakan dan kepatutan Tim Promotor UMJ.

Ustaz Adi Hidayat dinilai oleh masyarakat Islam Indonesia sebagai figur yang memiliki kedalaman Ilmu Pengetahuan bidang agama Islam, terutama dalam pengelolaan lembaga pendidikan.

Kemudian juga dalam pengelolaan model dakwah Islam dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan penyebarluasan dakwah islamiyah melalui berbagai bentuk media dan media sosial.

Baca juga: UAH Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari UMJ, Haedar Nashir Beri Pesan Penting

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Ma’mun Murod menyampaikan pertimbangan lainnya dari penganugerahan tersebut bukan hanya didasari bahwaUstaz Adi Hidayat adalah kader Muhammadiyah.

"Saya menilai Ustaz Adi Hidayat sebagai sosok yang sangat cerdas, dapat menghasilkan 1 metode menghafal Al-Quran yaitu metode At-Taisir. Selain itu, saya menyebut UAH sebagai dai yang sangat alim bahkan humoris, namun jarang tertawa memperlihatkan gigi, karena di situlah sunahnya," katanya, melalui siaran pers, Selasa (30/5/2023).

Manajemen pendidikan Islam yang digagasUstaz Adi Hidayat dalam penelitiannya menyatukan tiga unsur pendidikan utama yaitu tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib. Ketiganya secara lugas dijelaskan dengan berdasarkan referensi ayat Al-Qur’an dan Sunnah yang menginspirasi gagasan Adi Hidayat.

Menurutnya masa keemasan Islam dan bangsa Indonesia pada zaman dahulu dihasilkan dari manajemen pendidikan yang baik.Ustaz Adi Hidayat menceritakan bagaimana kejayaan itu diraih oleh sosok-sosok yang memiliki intelektual, spiritual dan akhlak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2651 seconds (0.1#10.140)