Hakim Tunda Tuntutan Cabul 2 Bocah di Cilincing, RPA Perindo: Hukuman Harus Maksimal

Senin, 29 Mei 2023 - 20:45 WIB
loading...
Hakim Tunda Tuntutan Cabul 2 Bocah di Cilincing, RPA Perindo: Hukuman Harus Maksimal
Ketua Umum DPP RPA Perindo Jeannie Latumahina. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Perempuan dan Anak ( RPA ) Partai Perindo meminta hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) untuk memberikan hukuman maksimal kepada terdakwa Dedimus Herewila (51). Terdakwa diduga mencabuli dua bocah di wilayah Cilincing.

"RPA Perindo berharap hukum tidak kalah terhadap kejahatan. Apalagi korban adalah dua anak di bawah umur. Hukuman harus maksimal dalam putusan majelis hakim," kata Ketua Umum DPP RPA Perindo Jeannie Latumahina di Jakarta, Senin (29/5/2023).



Menurut Jeannie, majelis hakim jangan pernah melihat atau terpacu dengan latar belakang pelaku pelecehan seksual. Meskipun pelaku memiliki usia yang lanjut usia (lansia) namun aksi keji yang dilakukan harus mendapat hukuman yang setimpal.

"Jangan karena alasan usia pelaku, maka putusan tidak maksimal. Jikalau hal ini terjadi maka seenak dewe usia tua dapat melalukan kekerasan seksual bagi anak-anak di bawah umur," kata Jeannie.

Menurut Jennie, dengan adanya hukuman yang maksimal kepada pelaku kekerasan seksual, akan berdampak dengan adanya efek jera. Hal ini juga harus dimasukan dalam UU TPKS, terdapat restitusi bagi korban yang harus dibayar pelaku.

"RPA sudah menyurat kepada pihak-pihak yang terkait dalam mengawal kasus ini. Seperti Presiden, KPK, Kejaksaan Agung, dan lain-lain," kata Jeannie.



Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Dedimus Herewila (51) dengan hukuman sembilan tahun penjara dan denda Rp1 miliar serta ganti rugi Rp30 juta tiap anak dalam kasus pelecehan seksual terhadap dua bocah AY (4) dan NY (5) di Cilincing.

Kasus ini bermula ketika dua bocah AY (4) dan NY (5) menjadi korban pencabulan yang dilakukan oleh pemilik kos Dedimus Herewila (51) pada 30 November 2022 di Cilincing, Jakarta Utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)