4 Negara Mayoritas Muslim dengan Nilai Mata Uang Tertinggi, Nomor 1 Bebas Pajak!

Minggu, 28 Mei 2023 - 09:16 WIB
loading...
4 Negara Mayoritas Muslim dengan Nilai Mata Uang Tertinggi, Nomor 1 Bebas Pajak!
Sejumlah negara mayoritas muslim tercatat memiliki nilai mata uang tertinggi di dunia. Foto/pexels/purple
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara mayoritas muslim tercatat memiliki nilai mata uang tertinggi di dunia. Bahkan, posisi empat teratas dipegang oleh negara Islam.

Mungkin sebagian besar orang akan terbersit tentang dolar Amerika Serikat (AS), Poundsterling Inggris, atau Euro, saat memikirkan tentang mata uang tertinggi di dunia. Padahal, tidak satu pun dari mata uang tersebut yang masuk tiga besar termahal di dunia pada tahun 2023.

Dolar AS memang masih dipandang sebagai mata uang paling kuat di dunia dan paling banyak diperdagangkan di kancah global. Namun, greenback bukanlah mata uang termahal.

Sebagian besar mata uang sifatnya “mengambang”, artinya nilainya berfluktuasi tergantung kondisi permintaan dan penawaran.

Namun, beberapa mata uang "dipatok", yang berarti nilainya relatif terhadap mata uang lain (seperti dolar AS) ditetapkan pada kurs yang disepakati.

Ada banyak elemen yang mempengaruhi nilai mata uang seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, suku bunga, dan lain-lain.

Mengutip artikel Forbes yang diterbitkan pada 25 April 2023, berikut ini 4 mata uang tertinggi di dunia pada tahun 2023 berdasarkan nilai relatifnya terhadap dolar AS. Mengejutkannya lagi, posisi empat teratas dipegang oleh negara mayoritas muslim. Simak ulasannya berikut:

1. Dinar Kuwait (KWD)

Posisi puncak ditempati dinar Kuwait sebagai mata uang tertinggi di dunia dengan 1 dinar Kuwait setara USD3,26 (atau USD1 sama dengan 0,31 dinar Kuwait). Jika dirupiahkan, satu dinar Kuwait setara Rp48.797, merujuk kurs per 27 Mei 2023.

Penasaran kenapa nilai mata uang dari negara yang luasnya hanya setengah dari luas provinsi Jawa Tengah itu bisa menjadi yang paling berharga di dunia?.

Perekonomian Kuwait yang cenderung stabil menjadi faktor utama. Kekuatan mata uang negara berpenduduk 4,3 juta jiwa itu juga tak lepas dari perannya sebagai pemain di industri minyak dan gas (migas) dunia.

Negara yang terletak di antara Arab Saudi dan Irak itu merupakan salah satu pengekspor minyak terbesar global, dengan cadangan besar yang tersebar di pelosok negeri. Tak hanya itu, Kuwait juga merupakan negara bebas pajak dengan tingkat pengangguran relatif rendah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)