Antisipasi Serbuan SDM Asing, Mendikbud Tingkatkan Mutu Pendidikan

Minggu, 22 Mei 2016 - 08:12 WIB
Antisipasi Serbuan SDM Asing, Mendikbud Tingkatkan Mutu Pendidikan
Antisipasi Serbuan SDM Asing, Mendikbud Tingkatkan Mutu Pendidikan
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri, maka kualitas pendidikan harus segera diperbaiki.

"Karena kita melihat, kedepan akan semakin dibutuhkan. Yang pertama Kemaritiman, lalu yang kedua wisata, dari sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan. Karena itu kedepan akan mengalami ekspansi kedepannya," kata Menteri Anies di kawasan Thamrin, Jakarta, Sabtu 21 Mei 2016.

"Jangan sampai, kita malah pakai orang-orang (SDM) dari luar. Kalau kita bisa, kenapa kita harus ambil orang-orang lain dari luar. Kita harus ciptakan generasi yang lebih berkompeten," imbuh Anies.

Menteri Anies, untuk meningkatkan kualitas SDM ini salah satu caranya adalah dengan peningkatan mutu dan penambahan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Membuat sekolahnya saja tidak cukup, tapi materinya juga, alat-alatnya juga, modul-modul pembelajaran. Dengan menyediakan 750 guru, kita sediakan guru SMK, juga modul-modul baru artinya, bahan untuk keperluan mereka," ungkapnya.

"Kita akan menyelaraskan kejuruan dengan industri. Jadi kita siapkan unit khusus, yang jurusan harus diteruskan, mana yang harus dikurangi," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7401 seconds (0.1#10.140)