Busa Pustaka Bandar Lampung, Perpustakaan Keliling yang Dapat Donasi Buku Bacaan dari MNC Peduli

Sabtu, 27 Mei 2023 - 20:12 WIB
loading...
Busa Pustaka Bandar Lampung, Perpustakaan Keliling yang Dapat Donasi Buku Bacaan dari MNC Peduli
MNC Peduli menyerahkan donasi buku bacaan ke perpustaan keliling Busa Pustaka di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, Lampung. Foto/MPI/Ira Widyanti
A A A
BANDAR LAMPUNG - Perpustakaan keliling Busa Pustaka, Bandar Lampung, Lampung mendapat donasi buku bacaan dari
">MNC Peduli. Keberadaan perpustakaan ini sangat penting untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Saat ini kondisi literasi di Indonesia khususnya literasi dasar yaitu membaca mengalami sebuah hal yang masih dalam kemunduran. Di Indonesia, khususnya Provinsi Lampung bukan minat baca yang rendah, namun fasilitas yang minim bahkan nyaris tidak ada.


Salah satu masyarakat yang peduli dalam literasi anak Adi Sarwono tergugah dan mendirikan perpustakaan keliling di Bandar Lampung yang diberi nama Busa Pustaka pada 2017.

Perpustakaan keliling ini juga mengajarkan berbagai macam ilmu lain seperti bahasa asing, bahasa isyarat, edukasi, seni hingga wirausaha.



Busa Pustaka hingga saat ini telah memberikan akses baca hingga ibu dan anak di Provinsi Lampung. Busa Pustaka bahkan telah berhasil mengirimkan Lukisan karya anak-anak didik dan relawan dalam pameran yang digelar di Jepang.

Saat ini, kata Adi, Busa Pustaka sudah berkeliling ke seluruh Provinsi Lampung dengan koleksi buku mencapai belasan ribu dan telah memberi fasilitas baca kepada lebih dari 20.000 anak di beberapa tempat.



"Fasilitas baca yang minim akhirnya membuat saya tergerak untuk membawa buku keliling dengan tujuan agar masyarakat, khususnya anak-anak mendapatkan akses baca dengan mudah dan sesuai dengan tujuan dari literasi itu sendiri. Sehingga anak-anak mampu mengembangkan segala hal dari berbagai buku yang dia baca," ungkap Adi Sarwono salah satu masyarakat yang peduli dalam literasi anak dalam kegiatan donasi MNC Peduli di Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Jumat (26/5/2023).

Adi menjelaskan, tantangan terbesar dari perjalanan Busa Pustaka itu lebih dari bagaimana memperhatikan pemerintahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0767 seconds (0.1#10.140)