5 Kampus Populer dengan Jurusan Kuliah PWK Terbaik

Jum'at, 26 Mei 2023 - 17:21 WIB
loading...
5 Kampus Populer dengan Jurusan Kuliah PWK Terbaik
Terdapat sedikitnya lima kampus populer di Indonesia yang memiliki jurusan kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) terbaik. Salah satunya ITS. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima kampus populer di Indonesia yang memiliki jurusan kuliah Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) terbaik. Beberapa di antaranya telah mendapat akreditasi Unggul BAN-PT.

Di perguruan tinggi, cukup banyak tersedia jurusan kuliah yang berbeda-beda. Tak hanya sebatas ekonomi, hukum, atau kedokteran saja, masih banyak jurusan lain yang mungkin tidak sepopuler jurusan tadi.

Dari sekian banyak, salah satunya adalah PWK atau Perencanaan Wilayah dan Kota. Tak hanya berkutat seputar perencanaan pembangunan, program studi (prodi) ini juga berkaitan dengan banyak bidang ilmu seperti keteknikan hingga sosial ekonomi.



Di Indonesia sendiri terdapat sejumlah perguruan tinggi yang membuka jurusan PWK. Beberapa di antaranya adalah kampus populer dan ternama.

Kampus Populer dengan Jurusan Kuliah PWK Terbaik

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) berada di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Mengutip laman resmi ITB, program studi ini sebelumnya dikenal dengan nama Teknik Planologi.

Pada proses pendidikannya, mahasiswa PWK nantinya akan menemui mata kuliah seperti geologi lingkungan, perpetaan, dan lainnya. Tak hanya itu, mereka juga belajar Aspek Sosial dalam Perencanaan, Ekonomi Wilayah dan Kota, hingga Pengembangan Komunitas.

Berada di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), jurusan S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) memiliki akreditasi Unggul dari BAN-PT yang masih berlaku hingga 30 September 2024.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Berikutnya ada Universitas Gadjah Mada (UGM). Program studi (prodi) ini mempelajari kondisi spasial serta merencanakannya untuk kebutuhan masa depan.

Sejumlah hal yang dipelajari dari Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) di antaranya adalah perencanaan jalan, bangunan, serta fasilitas perkotaan. Mengutip laman resmi UGM, jurusn ini mendapat akreditas Unggul dari BAN-PT.

Sertifikasi akreditasi tersebut berlaku sejak 18 Agustus 2021 hingga 18 Agustus 2026 mendatang.


3. Universitas Diponegoro (Undip)

Program studi (prodi) Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Universitas Diponegoro merupakan salah satu prodi perencanaan terkemuka di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menghasilkan perencana wilayah dan kota yang kompeten, menganalisis dan mengkaji permasalahan perencanaan aktual, serta merumuskan kebijakan perencanaan sebagai instrumen mengatasi permasalahan pembangunan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)