Ratusan Rumah Ludes Dilalap Api di Taman Sari

Senin, 16 Mei 2016 - 13:23 WIB
Ratusan Rumah Ludes Dilalap Api di Taman Sari
Ratusan Rumah Ludes Dilalap Api di Taman Sari
A A A
JAKARTA - Ratusan rumah di empat RT dari dua RW, Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat ludes dilalap api, Senin (16/5/2016). Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun 800 warga terpaksa harus kehilangan rumah.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelematan Jakarta Barat, Hardisiswan mengatakan, untuk memadamkan api yang berkobar sejak pukul 08.15 WIB, 32 unit damkar gabungan dikerahkan. Sekitar pukul 10.32 WIB, proses pendinginan pun berlangsung.

"Lokasinya berada di lingkungan pada pemukiman," jelas Hardisiswan ketika dikonfirmasi SINDO.

Kuat besaran angin dan didukung material yang mudah terbakar, membuat api dengan mudah menyambar ke rumah lainnya. Selain itu, kondisi lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran juga menjadi padat. Sehingga hal itu membuat pihak sudin sempat terhalang dan sulit memasuki lokasi kebakaran.

Kapolsek Metro Taman Sari, AKBP Suhermanto menegaskan, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian ini. Penyebab kebakaran diduga kuat berasal dari hub arus pendek dari salah satu rumah warga, Hj Nunung di RT13/02, Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat.

"Kepastian akan bisa disimpulkan begitu labfor melakukan penyidikan. Sementara ini beberapa saksi masih kami korek untuk dimintai keterangan demi mengetahui penyebab kebakaran," tutur Suhermanto.

Camat Taman Sari, Paris Limbong mengatakan, kejadian itu membuat 800 jiwa dan 200 kepala keluarga di RT08,10,11, dan 12 dari RW13 dan 02 harus mengungsi. Dua tempat lokasi pengungsian pun disiapkan di SMK 135 yang lokasi hanya berjarak tak jauh dari lokasi, serta kelurahan krukut.

"Sore ini paling lambat bantuan akan datang. Kami masih menghimpun jumlah pasti pengungsi yang ada," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6342 seconds (0.1#10.140)