alexa snippet

Jelang Pilkada, Bekasi Bangun Gedung KPU Baru

Jelang Pilkada, Bekasi Bangun Gedung KPU Baru
Ilustrasi. (Dok. Sindophoto)
A+ A-
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan membangun gedung baru Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Raya Renggas Bandung, Desa Karang Sambung, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi. Sebab, gedung lama KPU dianggap usang lantaran sudah berusia puluhan tahun.

"Pembangunan gedung baru akan kami lakukan bulan depan," ujar Kabid Bangunan Negara, Dinas Bangunan Kabupaten Bekasi, Henry Lincoln kepada SINDO, Rabu 11 Mei 2016.

Menurut dia, pembangunan gedung baru itu dialokasikan Rp12 miliar dari APBD Kabupaten Bekasi 2016. Saat ini, kata dia, perencanaan pembangunan gedung KPU baru masuk tahap proses lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan pembangunan akan segera dilakukan akhir bulan ini.

"Masih proses lelang, kami ingin secepatnya lelang selesai, dan gedung baru itu segara kami bangun," katanya.

Henry mengaku, pembangunan gedung KPU baru itu murni usulan dari pihak KPU kepada Pemkab Bekasi. Sebab, usia bangunan yang saat ini digunakan sudah sangat tua, sehingga dikuatirkan nantinya akan mengganggu berjalanya Pemilukada Kabupaten Bekasi tahun 2017 mendatang.

Dinas Bangunan, lanjut dia, menargetkan pembangunan gedung KPU itu rampung akhir tahun ini. Dengan pembangunan tahap pertama, pihaknya memprioritaskan ruang sidang pleno. Sehingga, ketika saat berlangsung pemilu, KPU tidak kesulitan untuk menyewa gedung di luar.

Untuk itu, Dinas Bangunan mengejar target pembangunan gedung secepatnya, karena tahapan pemilihan kepala daerah baru sudah mulai dilangsungkan pada diakhir tahun 2016 dan Pemilukada akan dilaksanakan serentak pada tahun 2017 berbarengan dengan Pemilu Gubernur DKI Jakarta.

Komisioner KPUD Kabupaten Bekasi, Zaki Hilmi menambahkan, usulan pembangunan gedung baru KPU itu memang diusulkan sejak tahun 2013 lalu. Namun, pemerintah baru merealisasikanya pada tahun ini.”Bangunan sekarang memang sudah tidak layak untuk digunakan perkantoran,” tambahnya.

Mantan aktivis HMI ini meminta Pemkab Bekasi segera melakukan pembangunan secepatnya. Fisiknya sudah bisa diselesaikan diakhir tahun ini sebagaimana kontrak pembangunanya. Sebab, pembangunan gedung baru itu akan berbarengan dengan tahapan Pemilukada 2017.

Zaki mengatakan, Pemilukada Kabupaten Bekasi akan diselenggarakan pada bulan Februari mendatang. Namun, tahapanya akan mulai dilangsungkan pada bulan Juni mendatang mulai dari usulan anggaran, pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati dan sebagainya.
halaman ke-1 dari 2
views: 4.597
loading gif
Top