Baru Saja Turun Usai Lebaran, Harga Daging Ayam dan Telur di Cimahi Kembali Naik

Selasa, 23 Mei 2023 - 21:58 WIB
loading...
Baru Saja Turun Usai Lebaran, Harga Daging Ayam dan Telur di Cimahi Kembali Naik
Harga daging ayam dan telur di Cimahi kembali naik.Foto/dok
A A A
CIMAHI - Sejumlah komoditas bahan pokok sehari-hari di Kota Cimahi mengalami kenaikan harga, mulai dari komoditas daging hingga berbagai jenis sayuran. Naiknya harga-harga tersebut dikeluhkan masyarakat karena pada momen lebaran kenaikan harga kebutuhan pokok juga sudah terjadi.

Seperti harga daging ayam yang sudah mengalami kenaikan dalam seminggu terakhir. Normalnya pedagang menjual daging ayam Rp35 ribu per kilogram, namun kini rata-rata dijual Rp39 ribu per kilogram. "Setelah lebaran harga-harga baru saja turun, tapi sekarang malah pada naik lagi," keluh salah seorang warga Cimahi, Ayu (31), Selasa (23/5/2023).

Salah seorang pedagang Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, Neni (42) mengakui dalam sepekan terakhir sudah menjual daging ayam Rp38-39 ribu per kilogram. Menaikan harga menjadi pilihan sulit bagi dirinya, tapi itu harus dilakukan karena harga beli dari distributor juga naik.

Baca juga: Sopir Rental di Bandung Bisa Berangkatkan Istri ke Tanah Suci Berbekal Niat karena Allah

Dirinya tidak mengetahui secara detail penyebab kenaikan harga daging ayam belakangan ini. Hanya berdasarkan informasi kenaikan harga pakan yang tinggi dan faktor transportasi jadi salah satu penyebab yang membuat harga daging ayam menjadi naik.

"Denger-denger harga pakan di peternaknya naik jadi harga jual ayam juga naik," ujarnya.

Namun meski harganya mahal, diakuinya tidak terlalu berdampak terhadap penjualan. Sebab dirinya sudah memiliki pelanggan tetap yang setiap harinya membeli daging ayam dalam partai besar. Rata-rata dirinya bisa menjual hingga 1 kwintal daging ayam per hari.

Bukan hanya dagingnya yang mahal, telur ayamnya juga terpantau masih tinggi. Pedagang masih menjualnya rata-rata Rp32 ribu per kilogram, padahal normalnya sekitar Rp27 ribu per kilogram. Selain itu produksi di daerah penghasil telur informasinya berkurang sehingga berpengaruh terhadap pasokan ke Kota Cimahi.

"Harga telur ayam sekarang tinggi, normalnya Rp27 ribu per kilogram sekarang sata jual Rp32 ribu per kilogramnya. Saya aja sekarang hanya dikirim 300 kilogram padahal biasanya 400 kilogram," kata salah seorang penjual telur, Linda Purnamasari (34).
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)