Bacaan Talbiyah Ketika Ibadah Haji dan Keutamaannya

Senin, 22 Mei 2023 - 16:37 WIB
loading...
Bacaan Talbiyah Ketika Ibadah Haji dan Keutamaannya
Kalimat Talbiyah (Labbaika, Allahumma Labbaika...) merupakan bacaan yang disunnahkan saat melaksanakan ibadah Haji dan Umrah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kalimat Talbiyah ini sering kita dengar ketika musim Haji di bulan Duzhijjah. "Labbaika, Allahumma Labbaika....."

Salah satu keutamaan kalimat Talbiyah mengandung pujian kepada Allah dan pengakuan hamba terhadap seluruh nikmat-Nya dan kekuasan-Nya. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu 'anhu menjelaskan sifat haji Nabi shollallahu 'alaihi wasallam:

ثم أهل بالتوحيد لبيك اللهم لبيك لبيك لا شريك لك لبيك إن الحمد والنعمة لك والملك لا شريك لك " رواه مسلم

Artinya: "Kemudian beliau mengawali dengan kalimat tauhid, 'Labbaika Allahumma labbaik, Laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan-ni'mata laka wal mulk, laa syariikalak." (HR Muslim)

Bacaan Talbiyah dan Artinya
Berikut kalimat Talbiyah yang diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dari Abdullah bin Umar:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan-ni'mata laka wal mulk, laa syarika lak.

Artinya: "Aku penuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu."

Hukum membaca kalimat Talbiyah adalah sunnah Muakkad. Semua ulama sepakat bahwa kalimat ini bagian dari syiar haji atau umrah dan dianjurkan dibaca dengan mengeraskan suara. Untuk jamaah Haji perempuan tidak dianjurkan mengeraskannya.

Kalimat ini dibaca oleh jamaah haji maupun Ihram sejak berniat ihram atau haji di tanah halal (dari Miqat) hingga memasuki Tanah Suci Masjidil Haram.

Keutamaan Talbiyah
Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seorang muslim menyampaikan Talbiyah, kecuali ikut bertalbiyah juga di kanan kirinya, dari bebatuan, pepohonan dan makhluk bernyawa, hingga berbagai belahan di sini dan di sini (maksudnya di kanan dan kiri)." (HR at-Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah)

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang mengucapkan Talbiyah atau mengucapkan takbir, melainkan akan dijanjikan dengan kebaikan." Rasulullah ditanya: "Wahai Rasulullah, apakah dijanjikan dengan surga?" Beliau menjawab, "Ya." (Shahih al-Jami' 5569 dan as-Shahihah 1621)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)