Pemprov DKI Akan Siapkan Rusunawa Dekat Luar Batang

Sabtu, 30 April 2016 - 01:32 WIB
Pemprov DKI Akan Siapkan Rusunawa Dekat Luar Batang
Pemprov DKI Akan Siapkan Rusunawa Dekat Luar Batang
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta berjanji akan merelokasi warga kawasan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, ke Rusunawa yang dekat dengan permukiman mereka. Namun untuk sementara waktu para warga akan ditampung ke rusunawa yang sudah siap.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, Pemprov DKI saat ini sedang membidik adanya tanah seluas 7.000 meter persegi milik perusahaan swasta yang ingin dijual dekat lokasi Luar Batang. Rencananya, pada tahun ini Pemprov DKI akan membeli seluas 4.000 meter persegi terlebih dahulu lantaran 3.000-nya masih memiliki keterkaitan dengan PT Pelindo.

"Tahun ini baru beli tanah. Penertiban akan kami lakukan didekat sheet pile. Kan kemarin Akuarium sudah ditertibkan, kita lanjutkan supaya tidak mengganggu pekerjaan alat berat. Pembangunan sheet pile akan dikerjakan tahun ini," kata Saefullah di Balai Kota, Jumat 29 April 2016 kemarin.

Saefullah menjelaskan, sebenarnya penertiban kawasan Bahari mulai dari penertiban Pasar Ikan, Luar Batang hingga kawasan pemukiman dekat masjid sudah masuk dalam Peraturan Gubernur (pergub) tentang Revitalisasi Kota Tua.

"Jadi ini konsepnya masjid akan kita bantu perbaiki supaya kelihatan lebih rapi akan kita bantu hibah juga di 2016 ini. Bahkan hibahnya untuk perbaikan kamar mandi, toilet, sumber airnya keran-kerannya, termasuk PKL gerobak-gerobaknya dan tendanya itu akan kita perbaiki supaya ini betul-betul menjadi daerah wisata religius," jelasnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Ika Lestari Aji mengatakan, penertiban Luar Batang belum ada rencana karena akan terlebih dahulu menunggu rusnawa. Namun, kata Ika, pemukiman yang dekat dengan pekerjaan sheet pile-nya harus segera ditertibkan dan terpaksa dipindahkan ke Rawa Bebek, dan Marunda.

"Itu sementara. Nanti kalau yang tanah dekat lokasi Luar Batang sudah dibangun rusun dan sudah jadi baru dipindahkan kembali," ujarnyaā€ˇ
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7099 seconds (0.1#10.140)