Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning

Kamis, 14 April 2016 - 19:42 WIB
Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning
Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning
A A A
SISWA harus memperbanyak pengetahuan mereka secara proaktif dibandingkan hanya menunggu pengetahuan yang diberikan sang guru. Caranya dengan menggunakan metode belajar secara mandiri.

Belajar secara mandiri akan menjadi metode belajar yang sangat efektif jika digunakan dengan baik, khususnya sebelum ujian. Tentu saja dalam belajar secara mandiri ini membutuhkan banyak penentuan, disiplin, dan ketekunan.

Berikut beberapa tips untuk membantu anda melakukan proses belajar secara mandiri, dan efektif melalui e-learning:

1. Tentukan Pencapaian atau Target yang Masuk Akal

Menentukan target untuk diri anda sendiri merupakan prasyarat dalam menggapai sukses. Anda tidak bisa mengikuti suatu arah tanpa memiliki tujuan. Bagaimanapun, target ini haruslah realistis dan cocok dengan kemampuan anda.

Anda tidak seharusnya membuat target yang tidak bisa dicapai. Alasannya jika gagal, Anda akan frustasi dan menyerah. Tergantung pada jadwal Anda. Anda bisa mengatur jumlah bab yang harus anda baca pada sore hari, jumlah latihan yang harus diselesaikan pada siang hari dan jumlah kemampuan yang didapat setiap minggunya, begitupun seterusnya. Meningkatkan target secara bertahap merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan Anda.

2. Temukan Metode Belajar yang Paling Tepat

Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning


Ada berbagai macam metode belajar seperti peta pikiran, mencatat, mengajari orang lain untuk menguji diri sendiri, dan lain-lain. Jadi, Anda harus menemukan metode belajar yang paling cocok untuk membuat Anda tertarik setiap kali Anda belajar agar Anda dapat memperoleh pengetahuan dengan cara yang mudah dan sistematik.

3. Revisi Materi Setelah Selesai Belajar
Setelah mencatat pelajaran dari kelas online atau membaca sebuah bab di buku, Anda harus mengulang kembali semua materi dengan menulis ulang, mengucap dan mengekspresikan ulang, atau menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Upaya ini dapat membantu otak untuk mengingat secara mudah dan sistematis. Bahkan, Anda akan memahami lebih baik mengenai topik yang telah Anda pelajari.

4. Belajar Dalam Waktu Singkat Terus-Menerus

Peneliti menemukan bahwa konsentrasi terbaik otak manusia normal bisa bertahan selama dua jam. Jadi, duduk dan mencoba belajar tidak akan seefektif seperti membagi waktu belajar Anda dalam beberapa sesi.

Dengan cara ini, anda akan terhindar dari kelelahan dan dengan senang hati dapat menyerap pelajaran lebih baik. Tergantung dari jumlah materi, Anda bisa mengalokasikan waktu anda dengan baik, tapi peneliti menyarankan untuk beristirahat setelah 90-100 menit.

Istirahat sejenak akan membantu otak Anda untuk bersantai dengan cara berjalan-jalan. Melakukan sedikit peregangan otot atau memakan cemilan lebih baik daripada berselancar di dunia maya atau menonton TV.

5. Berinteraksi dengan Guru

Self Study Secara Efektif Melalui E-Learning


Mengambil kelas online, Anda bisa berdiskusi dengan guru dan mendengarkan pengalaman serta pengetahuan secara praktikal dari mereka tanpa perlu berpindah tempat. Dengan interaksi yang teratur, efektivitas secara keseluruhan dari proses belajar Anda akan meningkat secara signifikan.

Bagaimanapun juga, orang sibuk tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencari dan memilih pelajaran yang cocok dengan level mereka. Bahkan, mereka tidak memiliki kemampuan untuk belajar secara mandiri jika tidak ada penasihat, yang menjelaskan kenapa mereka tidak bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Metode belajar yang optimal harus menciptakan lingkungan berkomunikasi yang resmi dengan interaksi, menginspirasi pelajar setiap hari. Program belajar bahasa Inggris online Topica Native dengan teknologi e-learning, lebih dari 200 guru penutur asli dan konsultan penerimaan 24/7, menarik perhatian orang.

Keuntungan dari Topica Native tidak hanya pada fleksibilitas dalam waktu dan kelas, tapi 100% lingkungan berbahasa Inggris yang mendukung pelajar untuk berbicara dan guru akan memperbaiki kesalahan pengucapan dan susunan bahasa.

Sebagai tambahan, pelajar memiliki kesempatan untuk membiasakan diri dengan berbagai logat atau aksen berbicara dari Amerika-Australia-Eropa. Banyak unversitas dan organisasi terkemuka di dunia seperti Harvard dan Stanford menyediakan program online untuk belajar bahasa Inggris bagi ribuan orang.

Belajar dari metode Harvard, Topica Native menawarkan kelas online dari pukul 8 pagi sampai pukul 12 malam dengan proses modern yang memberi kesempatan besar bagi orang Indonesia untuk belajar bahsa Inggris dengan penutur asli bahasa Inggris kapan pun dan di mana pun.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program, klik: http://topi.ca/dBw
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3106 seconds (0.1#10.140)