7 Kampung Unik di Indonesia, Ada Penghuni Bermata Biru

Selasa, 09 Mei 2023 - 17:32 WIB
loading...
7 Kampung Unik di Indonesia, Ada Penghuni Bermata Biru
Terdapat sejumlah kampung unik yang ada di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kampung unik yang ada di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keragaman budaya yang membentuk keunikan kampung tersebut.

Hal unik yang ada di dalam kampung tersebut biasanya terjadi secara turun-temurun dan masing terjaga keasliannya hingga generasi berikutnya. Namun dalam perkembangannya, terdapat beberapa desa unik yang sengaja dibentuk.



Berikut tujuh kampung unik yang ada di Indonesia dengan memperlihatkan keanekaragamannya: (H2)

1. Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris menjadi salah satu kampung unik di Indonesia karena memiliki ciri khas tersendiri, yakni digunakan sebagai tempat untuk kursus bahasa asing terutama bahasa Inggris.

Tersohornya kampung ini didapat dari hasil kerja keras Kalend Osen dan sang guru Kiai Yazid yang mahir dalam bahasa asing. Karena kualitasnya, kampung ini pun kerap menjadi tempat menempuh ilmu para murid maupun mahasiswa di masa libur sekolah.

2. Kampung Teletubbies, Yogyakarta

Kampung Teletubbies, Yogyakarta memiliki keunikan tersendiri lantaran bentuk bangunannya yang menyerupai kartun anak-anak tersebut. Dibangunnya kampung ini dianggap bisa menjadi warna baru setelah hancur akibat gempa pada 27 Mei 2006.

Namun dalam perkembangannya, karena warga desanya menjadi tunawisma, LSM Wango (World Association of Non-Governmental Organizations) pun melakukan uji pembuatan rumah dome untuk relokasi warga Ngelepen.

Relokasi tersebut berupa perubahan fungsi bangunan rumah menjadi keperluan umum seperti MCK, mushola, dan klinik di area seluas dua hektar.

3. Kampung Cyber, Yogyakarta

Selain Kampung Teletubbies, Kampung Cyber juga menjadi kampung unik yang ada di Yogyakarta. Keunikan dari kampung ini dilihat dari kebiasaan masyarakatnya yang sudah melek akan teknologi.

Hingga sekarang, kampung yang digagas oleh Antonius Sasongko sejak tahun 2008 ini pun terus berkembang. Di rumah setiap warganya pun kini telah terhubung dengan koneksi internet dengan menggunakan dana iuran bersama.

4. Kampung 3D, Malang

Kampung 3D merupakan kampung yang terletak di jalan Temenggungan Ledok RW 12, Kelurahan Kesatrian, Kota Malang. Sesuai dengan namanya, kampung tridi ini menjadi satu destinasi yang tidak boleh terlewatkan.

Kampung ini telah dihiasi berbagai mural yang keren karena dibentuk dengan cat berwarna-warni. Tak hanya mural biasa, beberapa lukisan yang berada di dinding rumah pun seperti tampak nyata saat di foto.


5. Kampung Bermata Biru, Pulau Siompu

Sama seperti namanya, sebagian masyarakat yang tinggal di Kampung Bermata Biru ternyata benar memiliki mata berwarna biru yang identik dengan orang Eropa. Kampung yang satu ini terletak di Desa Kaimbulawa, Kecamatan Siompu Timur, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Dalam riwayatnya, mata biru yang dimiliki oleh warga kampung tersebut berasal dari keturunan para pelaut serta pedagang Portugis. Mereka dulunya pernah singgah di Pulau Siompu saat berusaha untuk menguasai rempah dunia.

6. Kampung Kasur Pasir, Madura

Jika Anda berkunjung ke daerah Sumenep di Madura, Anda akan bertemu dengan hal unik di rumah-rumah mereka. Hal unik yang ada di kampung tersebut yakni adanya kasur yang terbuat dari pasir.

Kebiasaan yang berlangsung hingga sekarang ini merupakan salah satu tradisi mereka yang sudah berjalan ratusan tahun. Hingga saat ini setidaknya ada tiga desa yang menggunakan tradisi kasur pasir. Diantaranya seperti Desa Legung Timur, Legung Barat, dan Dapenda.

7. Kampung Trunyan, Bali

Ketika berlibur di Pulau Bali, Anda bisa mencoba mengunjungi Kampung Trunyan yang ada di Kintamani. Keunikan yang ada di kampung ini dilihat dari cara mereka yang mengkremasi orang yang telah meninggal dengan membiarkan tubuh mereka tergeletak diatas tanah dibawah pohon Taru Menyan.

Meski begitu bagi para pengunjung yang akan melihat orang yang telah meninggal tersebut tidak akan mencium bau busuk. Hal itu dapat terjadi karena bau tersebut sudah dihilangkan oleh aroma pohon Taru Menyan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)