Mandra Prediksi Budaya Betawi ke Depan Tinggal Kenangan

Minggu, 06 Maret 2016 - 11:40 WIB
Mandra Prediksi Budaya Betawi ke Depan Tinggal Kenangan
Mandra Prediksi Budaya Betawi ke Depan Tinggal Kenangan
A A A
JAKARTA - Kebudayaan Betawi saat ini sudah mulai terkikis lambat tahun kultur tersebut hanya tinggal kenangan. Maka itu, bukan tidak mungkin Betawi akan menjadi tamu di wilayahnya sendiri.

"Sangat terasa tahun-tahun ini bahwa budaya dan bahasa ke depan saat ini tinggal kenangan. Seni maupun budaya ke depan tinggal kenangan," kata seniman Betawi, Mandra Naih dalam diskusi di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (6/3/2016).

Bahkan, menurut salah seorang pemain di dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" ini, hanya ondel-ondel saja yang masih ada di DKI Jakarta. Namun, bukan keseniannya yang dilestarikan melainkan hanya dijadikan pajangan.

Tak hanya itu, Mandra juga menyayangkan tidak ada perhatian pemerintah yang mendukung agar budaya Betawi bisa bertahan ditempatnya sendiri.

"Kapasitas fasilitas sangat terbatas. Saya meminta agar pemerintah bisa mendukung agar budaya Betawi bisa bertahan," tukasnya.

Dia juga menyayangkan, banyak pihak yang mengaku-aku paham budaya Betawi padahal mereka tidak paham. "Rasa prihatin saja, pengetahuan tentang budaya Betawi sangat minim. Namun banyak orang yang pura-pura paham," tukasnya.

PILIHAN:

Ahok Bakal Maju via Parpol, Teman Ahok Hanya Bargaining Politik

Polisi Tegaskan Korban Saipul Jamil Tak Cari Sensasi
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6667 seconds (0.1#10.140)