Syekh Al-Azhar Dihina, Forum Alumni Al-Azhar Indonesia Lapor Polisi

Selasa, 01 Maret 2016 - 23:19 WIB
Syekh Al-Azhar Dihina, Forum Alumni Al-Azhar Indonesia Lapor Polisi
Syekh Al-Azhar Dihina, Forum Alumni Al-Azhar Indonesia Lapor Polisi
A A A
JAKARTA - Forum Alumni Al-Azhar Mesir Indonesia (FAAMI) melaporkan pemilik akun Facebook berinisial AA ke Polda Metro Jaya. Pemilik akun tersebut diduga melakukan penistaan dan penyebaran fitnah terhadap Pimpinan Tertinggi Institusi Al-Azhar Mesir Grand Syekh Ahmad Al-Thayyib.

Ketua Umum FAAMI Ali Mashar mengatakan, pada Jumat 26 Februari 2016 lalu, akun Facebook AA menulis status yang menuding Syekh Al-Azhar sebagai Syaikhul Azhar Palsu dan Paus Al-Azhar.

Tak hanya itu, lanjut Ali, AA juga memuat foto tak senonoh menggambarkan Syekh al-Azhar dengan Paus Fransiskus.”Ini penghinaan yang nyata,” kata Ali kepada wartawan, Selasa (1/3/2016).

Ali menegaskan, tuduhan tersebut bertentangan dengan UU ITE tahun 2008. Bagaimanapun sosok Syekh Al-Azhar adalah simbol keagamaan dan pemimpin tertinggi lembaga pendidikan Islam bersejarah yang sukses mencetak jutaan cendekiawan muslim di dunia.

Ali menuturkan, tidak sepantasnya kehadiran Syekh Al-Azhar ke Indonesia beberapa waktu lalu disambut dengan hujatan, hinaan, dan fitnah. ”Apalagi beliau tamu negara semestinya dimuliakan sebagaimana akhlak yang diajarkan Islam,” tuturnya.

Misi Syekh Al-Azhar ke Indonesia, lanjut Ali, membawa pesan-pesan perdamaian, moderasi, dan persatuan umat, sesuai dengan misi dakwah Al-Azhar yang berhaluan Sunni moderat. Beliau menekankan persatuan umat dan menghormati perbedaan.

”Bukan saling menghujat apalagi mengafirkan,” katanya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7461 seconds (0.1#10.140)