Ketika Nabi Muhammad SAW Sedih, Marah dan Melaknat

Minggu, 30 April 2023 - 17:16 WIB
loading...
Ketika Nabi Muhammad SAW Sedih, Marah dan Melaknat
Kisah Rasulullah SAW marah bercampur sedih, sekaligus melaknat dan mendoakan keburukan kepada suatu kaum menarik untuk disimak. Foto ilustrasi/Aswaja
A A A
Ustaz Ahmad Sarwat
Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia

Pernahkah kita mendengar Nabi Muhamamd SAW bersedih? Jawabnya tentu pernah dan bukan hanya kejadian sekali. Pernahkah kita mendengar beliau marah? Jawabnya tentu pernah dan bukan hanya sekali.

Tetapi pernahkah kita mendengar Rasulullah SAW marah bercampur sedih, sekaligus melaknat dan mendoakan yang jelek-jelek kepada suatu kaum?

Rasanya agak jarang kita mendengar demikian. Sebab, pribadi Rasulullah SAW sejatinya adalah orang paling berakhlak mulia. Beliau orang yang amat sabar, ramah, mudah memafkan, tidak pendendam dan juga amat santun. Semua itu adalah default sifat-sifat Rasulullah SAW menjadi rahmatan lil 'alamin.

Namun, kadang satu kali dalam lintas kehidupan, Rasulullah SAW bisa marah juga. Marah yang bercampur dengan rasa duka yang mendalam, bahkan diteruskan dengan menjatuhkan laknat yang amat dahsyat.

Kejadiannya adalah ketika Rasulullah SAW sedih dan marah sekali tatkala mendengar kabar terbunuhnya 70 orang shahabatnya dibunuh. Tujuh puluh sahabat ini memang bukan sahabat biasa, mereka adalah para ulama yang telah beliau SAW didik bertahun-tahun. Belum pernah beliau SAW merasakan kecewa sedalam itu, sampai reaksinya melaknat dan mendoakan keburukan secara massal kepada suatu kaum.

Boleh dibilang kasus ini sebagai anomali dari sifat-sifat agung yang dimiliki oleh Rasulullah SAW selama ini. Setidaknya, kesan yang selama ini kita dapat dari diri pribadi Rasulullah SAW, agak berbeda dalam kasus ini.

Sebelumnya Rasulullah SAW pernah kehilangan paman dan istri tercinta yang wafat bersamaan di tahun sama. Beliau SAW memang berduka sekali. Sehingga tahun dimana kedua orang tercinta itu wafat disebut dengan tahun duka cita ('amul-huzn). Namun saat itu yang meliputi hati Rasulullah SAW hanya rasa duka saja, tidak dicampur dengan amarah apalagi pakai main laknat segala.

Ketika mendengar paman beliau Hamzah bin Abdul Mutthalib gugur di Medan Uhud, Rasulullah SAW nampak berduka. Sehingga beliau nyaris tidak pernah mau memandang wajah Wahsyi, yang telah membunuh pamannya. Bahkan hingga dikabarkan Wahsyi masuk Islam sekalipun. Tetapi lagi-lagi beliau tidak sampai marah besar dan tidak pernah mendoakan hal-hal yang jelek kepada Wahsyi.

Rasulullah SAW juga pernah ditawari oleh Malaikat untuk menghancurkan Kota Thaif, yaitu ketika penduduk Thaif menyambut kedatangan beliau dengan sambitan dan lemparan batu. Sehingga Rasulullah SAW terpaksa lari pontang-panting menyelamatkan diri, masuk ke sebuah kebun anggur. Saat itulah Malaikat menawarkan jasa untuk membalas sakit hati. Tetapi Rasulullah SAW menggelengkan kepala, tanpa tidak setuju.

Tetapi lain dengan kasus yang satu ini. Duka Rasulullah SAW yang amat dalam bercampur dengan amarah yang luar biasa dahsyat, ternyata menyatu sedemikian rupa, sehingga menimbulkan reaksi yang tidak main-main. Sampai sebulan lamanya beliau SAW mendoakan keburukan kepada kaum yang telah dengan tega membunuh para ulama dari kalangan sahabat.

Coba perhatikan lafaz Doa Nabi ketika mendoakan keburukan atas mereka :

اَللَّهُمَّ اشْدُدُ وَطْأَتَكَ عَلَى مُضَرَ وَاجْعَلْهَا عَلَيْهِمْ سِنِيْنَ كَسِنِيْ يُوْسُفَ

"Ya Allah, keraskanlah siksa-Mu atas (kaum) Mudhar, Ya Allah, jadikanlah atas mereka musim kemarau seperti musim kemarau (yang terjadi pada zaman) Yusuf." (HR Al-Bukhari)

اَللَّهُمَّ الْعَنْ فُلاَنًا وَفُلاَنًا وَفُلاَنًا

"Ya Allah, laknatlah si fulan, si fulan dan si fulan."

Jarang-jarang kita mendengar doa Rasulullah SAW yang redaksinya sangat menyeramkan itu. Biasanya yang kita tahu, Rasulullah SAW mendoakan agar mereka dapat hidayah dari Allah. Tetapi kasus ini memang agak lain.

Ketika Rasulullah SAW Marah
Kisahnya bermula ketika Rasulullah SAW mendengar kabar bahwa ada satu kaum ingin masuk Islam. Dan kabarnya mereka meminta kepada Rasulllah SAW agar mengirim para ulama ahli agama yang akan mengajarkan ilmu agama.

Disebutkan bahwa kaum itu adalah Bani Sulaim yang terdiri dari Kabilah Ri'lin, Hayyan, Dzakwan dan 'Ushayyah. Mereka pura-pura meminta kepada Rasulullah SAW agar mau mengajarkan mereka tentang Islam, padahal di balik sikap itu ada niat jahat yang disembunyikan.

Tentu Rasulullah SAW berbahagia sekali mendengar kabar ini. Sebab kaum itu bukan sekedar ingin masuk Islam, malah bersedia untuk memperdalam ilmu agama. Terdengar sebagai sebuah kabar yang indah, bukan?

Maka Rasulullah SAW pun mengutus para ulama yang ahli di bidangnya kepada kaum itu. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, sejarah mencatat 70 orang. Tujuh puluh ini terbilang banyak, sebab jumlah ulama terlalu sedikit di masa itu.

Memang nash-nash hadits tidak menyebut istilah ulama saat itu. Sebab memang sebutan untuk para ulama dan ahli syariah di masa itu bukan ulama melainkan qurra'. Sayangnya istilah qurra' ini seringkali diterjemahkan secara harfiyah sebagai para penghafal Al-Qur'an.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)