Lantai 6 Gedung B Terbakar, Kemendagri: Ada Asap, Tidak Ada Titik Api

Sabtu, 29 April 2023 - 06:08 WIB
loading...
Lantai 6 Gedung B Terbakar, Kemendagri: Ada Asap, Tidak Ada Titik Api
Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Benni Irwan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri ) Benni Irwan menepis kepulan asap yang ada di Lantai 6 Gedung B dari kobaran api yang besar. Dia mengatakan, tidak ada titik api di lantai tersebut.

"Enggak ada kebakaran, (tapi) memang ada asap. Jadi asap itu dari komputer yang korsleting itu, sekarang sudah padam semua. Jadi tidak ada kebakaran, tidak ada titik api," kata Benni kepada wartawan, Sabtu (29/4/2023).

Benni menjelaskan, asap hitam tersebut muncul karena adanya korsleting pada salah satu komputer di ruangan Lantai 6 Gedung B Kemendagri. Meski demikian, ia mengatakan munculnya asap tersebut perlu ditindaklanjuti guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jadi karena ada asap itu teman-teman Pamdal dan teman-teman Kemendagri langsung mengambil langkah-langkah, menghubungi teman-teman damkar. Nah sekaligus mereka melakukan pemeriksaan, dari mana sumber asap itu," kata Benni.

Benni mengatakan, korsleting listrik pada satu komputer di lantai 6 itu lantaran masih dalam kondisi menyala."Iya, komputernya masih nyala alias lupa dimatikan gitu. Jadi itu. Satu komputer saja," katanya.

Kendati demikian, Benni menegaskan insiden tersebut telah aman terkendali. Ia menambahkan saat kejadian, Sekjen Kemendagri beserta sejumlah Kepala Biro masih berada di lokasi.



"Sudah, hilang semua. Karena Pak Sekjen pun masih di kantor, teman-teman Kepala Biro masih di kantor. Terkendalilah mas," kata Benni.

Sebelumnya, Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal menyampaikan kebakaran tersebut hanya terdampak pada dua ruangan di Gedung B Kemendagri. Ia menyebutkan dua ruangan tersebut terbakar karena ada api di peralatan listrik.

"Dugaan penyebab kebakaran lantaran korsleting arus pendek pada peralatan listrik yang menyebabkan terjadinya asap tebal. Ruangan yang terdampak 6x10 meter yakni ruang kerja lokasi di lantai 6 tepatnya di ruangan 612 dan 614," ujar Arsil dikutip dari keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

Proses pemadaman yang dilakukan, lanjut Arsil, dilakukan oleh 52 personel Damkar Jakarta Pusat. Guna memadamkan api, Arsil juga menyampaikan pihaknya menggunakan 14 unit mobil pemadam kebakaran.

"Pemadaman berlangsung mulai pukul 20.15 WIB pada Jumat (28 April 2023). Api dinyatakan padam, selesai pada pukul 22.06 WIB," tegas Arsil.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)