Republik Ceko Dulu Populasi Muslimnya Mayoritas tapi Kini Minoritas, Ini Sebabnya

Sabtu, 29 April 2023 - 06:01 WIB
loading...
Republik Ceko Dulu Populasi Muslimnya Mayoritas tapi Kini Minoritas, Ini Sebabnya
Muslimah mengikuti acara mengecam kekerasan dan terorisme di Praha, Republik Ceko. Foto/romea.cz
A A A
PRAHA - Republik Ceko yang terletak di Eropa Tengah memiliki sejarah yang kaya dan beragam. Dalam perjalanan sejarahnya, Ceko telah mengalami perubahan demografis yang signifikan.

Pada masa lalu, negara ini memiliki mayoritas penduduk Muslim, namun saat ini, mereka menjadi minoritas di tengah masyarakat yang lebih beragam.

Diperkirakan Muslim di Ceko merupakan minoritas agama yang relatif kecil. Sumber-sumber menunjukkan populasi Muslim di Ceko berkisar antara 0,1 hingga 0,2 persen dari total populasi negara tersebut.

Populasi Muslim Ceko saat ini berjumlah 20.000 jiwa atau 0.2% dari populasi Ceko sekitar 10.000.000 jiwa.

Ada sekitar 7 masjid di negara ini yakni 4 di Praha, 1 di Brno, 1 di Teplice dan 1 di Tuchomerice. Umat Islam di sana sebagian besar beraliran Sunni.

Saat ini, mereka menghadapi tantangan dalam beragama Islam, seperti mahalnya harga air mineral, seks bebas tidak tabu hingga penggunaan alkohol yang makin marak.

Lantas bagaimana transformasi demografis terjadi di Republik Ceko dan faktor-faktor yang mempengaruhinya?

Sejarah Awal


Sejarah Republik Ceko dimulai pada abad ke-9 dengan permukiman Slavia di wilayah yang sekarang menjadi Ceko. Pada saat itu, agama Kristen Ortodoks menjadi agama utama di daerah tersebut.

Namun, pada abad ke-11, Islam mulai masuk ke wilayah ini melalui perdagangan dan interaksi dengan kekhalifahan Muslim di Spanyol.

Dalam beberapa abad berikutnya, populasi Muslim di Ceko tumbuh secara signifikan dan bahkan pada satu titik, mereka menjadi mayoritas penduduk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)