alexa snippet

HMI Demo di Car Free Day, Minta Sudirman Said Mundur

HMI Demo di Car Free Day, Minta Sudirman Said Mundur
Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta menggelar aksi demonstrasi di Car Free Day. (Ilustrasi/dok. Sindonews)
A+ A-
JAKARTA - Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jakarta menggelar aksi demonstrasi di Car Free Day (CFD). Massa kecewa terhadap kebijakan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral Sudirman Said, yang kerap melanggar undang-undang (UU).

"Lagi-lagi Sudirman Said menabrak UU, belum usai kasus Freeport. Sekarang melakukan pungutan melalui penurunan harga BBM yang tidak ada dasar hukumnya," kata koordinator Miftah Aladin di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Minggu (27/12/2015).

Masalah nota kesepahaman dengan PT Freeport Indonesia yang telah menabrak UU Minerba belum kelar, kini ditambah kebijakan yang dilakukan Menteri ESDM, yakni melakukan pungutan liar lewat penurunan harga BBM tanpa didasari landasan hukum.

Menurut Aladin, Menteri Sudirman Said telah melakukan kesewenang-wenangan. Dia menuntut Sudirman Said mundur dari jabatannya sebaga Menteri ESDM dan mendorong pembongkaran kasus Freeport melalui pansus DPR.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said telah mengumumkan adanya pungutan dana untuk ketahanan energi pada penurunan harga BBM jenis Premium dan Solar.

Harga awal Premium Rp7.300 turun menjadi Rp6.950/liter, namun karena ada pungutan dana ketahanan energi Rp200/liter, maka harga Premium menjadi Rp7.150/liter.

Sedangkan untuk harga solar dari Rp6.700 menjadi Rp5.650/liter, dari angka tersebut sudah termasuk subsidi Rp1.000/liter. Kemudian ditambah dana ketahanan energi Rp300/liter sehingga menjadi Rp5.950/liter.

PILIHAN:

Penumpang Ngaku Bawa Granat, Bandara Soetta Geger




(mhd)
views: 6.558
loading gif
Top