Ini Penyebab Ketegangan Rusia-AS Menurut Vladimir Putin

Kamis, 06 April 2023 - 02:02 WIB
loading...
Ini Penyebab Ketegangan Rusia-AS Menurut Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin membeberkan penyebab ketegangan negaranya dengan AS. Foto/RT
A A A
MOSKOW - Kebuntuan yang terjadi saat ini antara Moskow dan Washington muncul karena dukungan Amerika Serikat (AS) untuk kudeta 2014 di Ukraina . Hal itu diungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin .

“Hubungan antara Rusia dan AS, yang secara langsung bergantung pada keamanan dan stabilitas global, sayangnya mengalami krisis yang mendalam,” kata Putin kepada 17 duta besar yang berkumpul di Kremlin untuk secara resmi menunjukkan surat kepercayaan mereka.

"Krisis ini berakar pada pendekatan yang berbeda secara fundamental terhadap pembentukan tatanan dunia modern,” tambahnya seperti dilansir dari RT, Kamis (6/4/2023).

Menyinggung utusan Amerika Serikat (AS) Lynne Tracy, presiden Rusia itu meminta maaf karena agak mengganggu "suasana ramah" dari upacara kredensial.



“Saya tidak bisa tidak mengatakan hari ini bahwa penggunaan alat kebijakan luar negeri AS seperti 'revolusi warna', dan dukungan dalam hal ini untuk kudeta di Kiev pada tahun 2014, pada akhirnya menyebabkan krisis Ukraina saat ini dan memberikan kontribusi tambahan untuk degradasi hubungan Rusia-Amerika,” beber Putin.

Moskow telah berulang kali menunjuk pemberontakan Maidan sebagai akar penyebab kekacauan di Ukraina, karena pada akhirnya mengakibatkan perlunya intervensi militer untuk memastikan keamanan Rusia. Berbicara di sebuah acara pada November 2022, Putin mengatakan bahwa semua ini tidak akan terjadi jika bukan karena kudeta Februari 2014.

Menurut Presiden Rusia itu, penggulingan dengan kekerasan dari pemerintah yang dipilih secara demokratis, 'dibidani' oleh diplomat AS Victoria Nuland dan kemudian wakil presiden AS saat itu, Joe Biden, membawa nasionalis anti-Rusia berkuasa dan memberi Washington "kontrol penuh" atas Ukraina.



Putin mengatakan kepada Tracy bahwa Moskow tetap berkomitmen untuk membangun hubungan dengan Washington semata-mata berdasarkan prinsip kesetaraan, menghormati kedaulatan dan kepentingan satu sama lain, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri.

Berbicara kepada semua duta besar, Presiden Rusia itu mengatakan Moskow tidak bermaksud untuk mengasingkan diri dan terbuka untuk kemitraan yang konstruktif dengan semua orang, tanpa niat tersembunyi atau bermusuhan, tetapi mengharapkan mereka didasarkan pada kesetaraan dan pertimbangan bersama.

"Tindakan Rusia akan dipandu oleh prioritas internalnya, tetapi juga kesadaran akan tanggung jawab khususnya untuk menjaga stabilitas dan keamanan di tingkat global dan regional,” kata Putin, mengutip platform kebijakan luar negeri yang baru saja diperbarui.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)