Keberatan UMK, Enam Perusahaan di Jombang Bakal Hengkang

Jum'at, 27 November 2015 - 17:41 WIB
Keberatan UMK, Enam Perusahaan di Jombang Bakal Hengkang
Keberatan UMK, Enam Perusahaan di Jombang Bakal Hengkang
A A A
JOMBANG - Tak tahan dengan demo buruh yang terus terjadi, sejumlah perusahaan di Kabupaten Jombang, berencana angkat kaki.

selain karena sering adanya demo buruh, perusahaan-perusahaan tersebut juga mengeluh keberatan dengan tingginya kenaikan UMK yang ditetapkan gubernur tahun ini.

Heru Wijayanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang mengungkapkan saat ini sudah ada 6 perusahaan di wilayahnya yang berancang-ancang akan hengkang atau keluar dari kota santri tersebut.

"Di antaranya PT SUB Kecamatan Diwek, PT Venesia Foot Wear, PT Soe Hei, PT Pei Hai, PT Volma dan PT Mirolam Adiguna Sejahtera," kata Heru.

Menurut Heru, enam perusahaan tersebut mengeluh kenaikan UMK tahun ini terlalu tinggi.
Saat UMK Jombang masih Rp 1700.000 saja, banyak perusahaan di Kabupaten Jombang yang sudah merasa keberatan, apalagi tahun ini UMK Jombang naik menjadi Rp 1900.000.

"Enam perusahaan tersebut berancang-ancang akan melakukan relokasi atau memindah pabriknya ke beberapa daerah lain di Jawa Timur, seperti ke Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jember yang UMK nya lebih rendah," sebutnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Heru mengaku telah meminta para pengusaha agar menunda rencananya melakukan relokasi.

"Kita minta para pengusaha ikut memikirkan nasib para buruh jika pabrik benar-benar mereka pindahkan ke daerah lain," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6086 seconds (0.1#10.140)