6 Alasan Mengapa Harus Mendaftar Sekolah Kedinasan IPDN, Prospek Kerja Terjamin

Selasa, 04 April 2023 - 11:51 WIB
loading...
6 Alasan Mengapa Harus Mendaftar Sekolah Kedinasan IPDN, Prospek Kerja Terjamin
Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan IPDN 2023 telah dibuka pada Senin, (3/4/2023). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan IPDN 2023 telah dibuka pada Senin, (3/4/2023). Pada perkembangannya, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menjadi salah satu sekolah kedinasan yang populer.

Mengutip laman SPCP IPDN, berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/675/M.SM.01.00/2023 tanggal 29 Maret 2023, ditetapkan formasi Calon Praja IPDN sebanyak 534 orang untuk nantinya mengisi kebutuhan CPNS di instansi pemerintah.

Terdapat sejumlah aspek yang menjadi alasan khusus bagi siswa/siswi untuk mendaftarkan diri di IPDN.

Berikut sejumlah alasan yang membuat Anda harus mempertimbangkan untuk masuk sekolah kedinasan IPDN.


Alasan Harus Masuk Sekolah Kedinasan IPDN

1. Jaminan Pekerjaan Pasca Lulus

Ikatan Kedinasan menjadi salah satu alasan utama yang menjadi daya tarik peminat IPDN. Seperti yang diketahui, bagi lulusan ikatan dinas nantinya mereka bisa langsung menjadi CPNS di instansi yang menaunginya.

Keistimewaan tersebut tentu tampak menjanjikan. Tak perlu khawatir terhadap prospek kerja saat lulus pendidikan, Anda hanya perlu fokus belajar karena semuanya telah terjamin.

2. Biaya Pendidikan Terjangkau

Sekolah kedinasan adalah institusi pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan suatu kementerian atau lembaga pemerintah. Melalui ikatan dinas, peserta didik yang telah dinyatakan lolos akan menempuh pendidikan dengan biaya gratis.

3. Berada di Bawah Naungan Lembaga Negara

Seperti yang diketahui sebelumnya, sekolah kedinasan berada di bawah naungan lembaga pemerintah. Sehingga proses pendidikan yang berlangsung akan dipantau oleh kementerian atau lembaga terkait.

Sebagai contoh, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selain dipantau, tak perlu khawatir juga karena nantinya lulusan dari sekolah kedinasan ini bisa menjadi CPNS.


4. Memiliki Jaringan Luas

Pendaftaran sekolah kedinasan sejatinya terbuka untuk setiap masyarakat yang berminat. Maka dari itu, tak menutup kemungkinan nantinya para kandidat yang diterima memiliki asal daerah dan latar belakang yang berbeda-beda.

Hal ini tentunya cukup positif, sehingga nantinya mereka memiliki jaringan pertemanan yang lebih luas lagi.

5. Ilmu yang Bermanfaat

Selain belajar dalam hal akademik, peserta didik nantinya juga akan diajarkan terkait aspek lain termasuk softskill. Sebagai contoh, hal ini bisa berupa latihan kedisiplinan, kemandirian, dan lain sebagainya.

6. Memiliki Banyak Pilihan Jurusan dan Fasilitas Lengkap

Sekolah kedinasan IPDN memiliki tiga fakultas yang masing-masing menyelenggarakan berbagai program studi. Di antaranya adalah Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat.

Tak hanya itu, fasilitas yang terdapat di kampusnya pun cukup lengkap, termasuk di antaranya seperti gedung utama, laboratorium, graha, lapangan olahraga, tempat ibadah, dan lainnya.

Itulah sederet alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk daftar sekolah kedinasan IPDN.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4174 seconds (0.1#10.140)