Amankan Demo Buruh, Polresta Medan Kerahkan 1.500 Personel

Selasa, 24 November 2015 - 00:04 WIB
Amankan Demo Buruh, Polresta Medan Kerahkan 1.500 Personel
Amankan Demo Buruh, Polresta Medan Kerahkan 1.500 Personel
A A A
MEDAN - Kepolisian Resort Kota (Polresta) Medan mengerahkan sedikitnya 1.500 personel untuk pengamanan demonstrasi buruh yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (24/11/2015). Para personel itu terdiri dari Satuan Intelkam, Satreskrim, dan Sabhara.

Menurut Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin, dari data yang diterima Intelkam, buruh yang melakukan unjuk rasa itu sekitar 5.000 orang terdiri dari 35 elemen.

"Mereka (buruh) menuntut agar pemerintah menghapuskan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan," kata Mardiaz di hadapan anggotanya saat melaksanakan apel persiapan pengamanan di Lapangan Merdeka, Medan, Senin (23/11/2015).

Dia menyebutkan, para buruh yang melakukan aksi unjuk rasa tersebut berasal dari berbagai daerah yang ada di Sumut seperti Deliserdang, Binjai, Belawan, Langkat, dan Serdang Bedagai.

"Namun, sasaran aksinya di Kantor Gubernur Sumut dan Kantor DPRD-Sumut. Namun, titik kumpulnya di Lapangan Merdeka, dari situlah mereka bergerak menuju sasaran aksinya," sebut dia.

Sejumlah ruas jalan terpaksa ditutup dan diberlakukan satu arah untuk menghindari kemacetan.

"Untuk antisipasi kemacetan, teritorinya kita bagi tiga. Pertama dari arah Binjai tentunya akan memacetkan kawasan Pinang Baris. Kemudian dari arah Lubuk Pakam, akan memacetkan jalan di daerah Amplas, dan dari Belawan akan memacetkan jalan di kawasan Pulobrayan," jelasnya.

Karena itu, Mardiaz mengharapkan masyarakat agar memahami dan mengetahui jalur-jalur yang akan dilalui saat buruh melakukan unjuk rasa.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga meminta kepada seluruh pasukannya agar tidak melakukan tindakan provokasi apalagi sampai beradu fisik dengan massa pengunjuk rasa.

"Mereka (buruh) adalah sahabat kita yang harus dijaga. Jangan sampai pula kita yang memulai kericuhannya," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3549 seconds (0.1#10.140)