Keutamaan Mengkhatamkan Al-Qur'an di Bulan Ramadan

Selasa, 04 April 2023 - 10:53 WIB
loading...
Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadan
Tidak ada batasan hari dalam mengkhatamkan Al Qur’an, semuanya tergantung pada semangat dan kekuatan. Dan ini berbeda-beda satu orang dan lainnya dilihat dari kondisi dan personalnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Hari-hari di bulan suci Ramadan, setiap muslim berlomba-lomba mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan suci ini. Tadarus (membaca Al Qur'an) menjadi pemandangan biasa, baik di rumah ataupun di masjid-masjid. Tujuannya, sudah pasti demi mendapatkan pahala yang berkali lipat. Sebab, pahala membaca Al-Qur'an akan dilipatgandakan saat bulan Ramadan selama niatnya lurus dan tulus karena ingin beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.



Sedangkan keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak dijelaskan, salah satunya adalah Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ


“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’)

Juga hadis ini;

مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ


“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam” ( HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’)

Sedangkan keutamaan mengkhatamkan Al-Quran di Bulan Ramadan, dicontohkan langsung Nabi Shallallahu ’alaihi wa salam. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

أن جبريل كان يعْرضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً ، فَعرضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فيه


“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari)

Ibnu Atsir rahimahullah menjelaskan,

“yaitu mempelajari (mudarasah) semua ayat Al-Quran yang turun” ( Al-Jami’ fi Gharib Hadits, 4/64).

Dirangkum dari berbagai sumber, keutamaan lain dari membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan adalah menjauhkan diri dari godaan setan. Membaca Al-Qur'an menjauhkan kita untuk berbuat maksiat sebagaimana yang disukai oleh setan. Dengan membaca Al-Qur'an, insyaAllah iman kita akan semakin kuat sehingga setan tidak dengan mudah menjerumuskan pada kesesatan.

Al-Qur'an juga bisa membuat kita semakin produktif. Produktif saat membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan merupakan hal yang baik. Rasa haus, lapar, dan lemas fisik saat berpuasa tidak bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Gunakan waktu semaksimal mungkin dengan melakukan hal-hal baik seperti membaca Al-Quran.

Membaca Al-Qur'an juga bisa membantu membangun pikiran positif. Isi kandungan yang terdapat di dalam Al-Qur'an yang kita baca berisi ilmu dan hikmah yang positif sehingga membantu mempengaruhi kita menjadi lebih positif di bulan Ramadan. Sehingga membaca Al-Qur'an membuat kita menjadi terkondisikan dan akan lebih sering memikirkan sesuatu berdasarkan dalil agama, bukan karena dorongan nafsu dan dorongan negatif.

Nah muslimah, hendaknya membaca Al-Qur'an bukan hanya berhenti di satu waktu. Melainkan setiap saat dan setiap harinya kita diperintahkan Allah untuk membacanya dan menjadikannya pedoman hidup. Tetapi, membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan tentunya memiliki keutamaan tersendiri.

Tips Mengkhatamkan Al-Qur'an

Agar mudah khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, di antaranya:
1. Al-Quran terdiri dari 30 juz, setiap juznya terdiri dari 20 halaman (10 lembar).
Jika bulan Ramahan ada 30 hari, maka dalam sehari, Anda perlu membacanya 10 lembar.
2. Buat target
Kita perlu membuat target tiap salat 5 waktu untuk membaca 4 halaman (2 lembar). Dengan begitu, kita bisa membaca Al-Qur'an 10 lembar setiap hari atau 1 juz setiap hari. Jika terus dilakukan dan konsisten, pada akhir Ramadan, Anda akan berhasil mengkhatamkannya.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari).

Namun, Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Kebanyakan ulama berpendapat bahwa tidak ada batasan hari dalam mengkhatamkan Al Qur’an, semuanya tergantung pada semangat dan kekuatan. Dan ini berbeda-beda satu orang dan lainnya dilihat dari kondisi dan person.” (Fathul Bari).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3604 seconds (0.1#10.140)