Kisah Raden Ayu Siti Khotijah, Putri Raja yang Dihukum Mati setelah Kepergok Salat Maghrib

Senin, 03 April 2023 - 05:23 WIB
loading...
Kisah Raden Ayu Siti Khotijah, Putri Raja yang Dihukum Mati setelah Kepergok Salat Maghrib
Makam Raden Ayu Siti Khotijah di Kota Denpasar, bali. Foto/Dok. srimartani.bantulkab.go.id
A A A
Makam itu terletak di Jalan Gunung Batukaru, Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali. Suasananya begitu asri dan rindang, karena masih banyak pohon besar yang berdiri kokoh melindungi makam kuno tersebut.



Bersebelahan dengan makam kuno itu, juga berdiri pura yang lingkungannya juga masih sangat asri. Di makam kuno yang begitu terawat dan asri tersebut tertulis dalam papan keterangan: "Keramat Agung Pamecitan. Makam Raden Ayu Pamecutan. Alias Hajah Raden Ayu Siti Khotijah".



Pohon besar berdiri kokoh menembus cungkup yang melindungi makam. Batang pohon menancap di antara pusaran kuno yang dilindungi cungkup. Makam itu sangat dikeramatkan, dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, utamanya dari Jawa.



Banyak penjual buku di sekitar makam, di mana buku-buku tersebut menceritakan tentang sosok Raden Ayu Siti Khotijah yang dimakamkan di makam keramat tersebut. Dalam buku-buku yang diangkat dari cerita rakyat, disebutkan bahwa nama asli Raden Ayu Siti Khotijah adalah Gusti Ayu Made Rai.

Gusti Ayu Made Rai, atau juga dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Raden Ayu Pemecutan, adalah seorang putri dari Raja Pemecutan. Namun belum diketahui pasti, Gusti Ayu Made Rai ini keturunan dari Raja Pemecutan yang mana.

Dilansir dari denpasarkota.go.id, kisah Raden Ayu Pemecutan, seperti cerita legenda putri-putri keraton di seluruh nusantara. Di mana, sebagai putri kerajaan, Raden Ayu Pamecutan dikenal memiliki kecantikan yang luar biasa, hingga memikat banyak pembesar kerajaan di Bali.

Dalam perjalanannya, dikisahkan putri cantik jelita tersebut mengalami musibah. Dia disebutkan mengalami sakit kuning yang sulit disembuhkan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Raja Pamecutan, namun tak kunjung membuat putrinya sembuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3029 seconds (0.1#10.140)