Polda: Warga Harus Waspada Modus Penipuan via SMS

Minggu, 08 November 2015 - 12:11 WIB
Polda: Warga Harus Waspada Modus Penipuan via SMS
Polda: Warga Harus Waspada Modus Penipuan via SMS
A A A
JAKARTA - Tertangkapnya belasan pelaku penipuan melalui pesan singkat atau SMS oleh Polda Metro Jaya menunjukan perlunya peningkatan kewaspadaan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal mengatakan, saat ini penipuan melalui SMS suda mulai beragam. Awalnya dengan SMS mama minta pulsa, namun saat ini para pelaku mulai memanfaatkan sistem lebih modern dengan cara membuat situs atau website untu melancarkan penipuanya.

"Yang kemarin kita tangkap itu justru yang biasa menipu dengan sms kalau nomor korban mendapatkan hadiah uang tunai atau mobil," kata Iqbal, Minggu (8/11/2015). Contoh penipuan yang mereka lakukan seperti "PESAN RESMI 3care selamat..! No anda M-dpatkan Hadiah 35jt PIN:7Y7R8K9Z U/Info klik www.layananundian3.tk", pelaku sengaja membuat domain internet gratis guna meyakinkan korbannya.

"Jadi kalau mereka membuka websitenya akan tertera nomor telepon komplotan yang harus dihubungi untuk klaim hadiah," tuturnya. Setelah menghubungi, korban aka digiring ke ATM untuk mentransfer sejumlah uang.

Iqbal mengimbau, seandainya mendapatkan SMS seperti itu untuk bisa menghubungi customer service provider guna memastikan kebenarannya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6442 seconds (0.1#10.140)