Asap Tipis Hampiri Bandara Soekarno-Hatta

Rabu, 28 Oktober 2015 - 11:04 WIB
Asap Tipis Hampiri Bandara Soekarno-Hatta
Asap Tipis Hampiri Bandara Soekarno-Hatta
A A A
TANGERANG - Asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan ternyata juga menghampiri Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Meski demikian asap tipis ini tidak mengganggu kegiatan penerbangan di bandara tersebut.

“Bandara Soekarno-Hatta tidak ada gangguan, bahwa ada udara asap tipis iya, itu benar. Tetapi sejauh ini, tidak sampai menganggu penerbangan dari dan ke Soekarno-Hatta. Persoalannya bukan ada atau tidak ada asap, tapi dijarak pandang,” ujar Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Zulfahmi Rabu (28/10/2015) pagi.

Menurut Zulfahmi, sepanjang jarak pandang masih di atas 800 meter, asap tak akan menganggu kegiatan penerbangan, kecuali jika asap sampai di bawah 800 meter. Hingga kini, lanjut Zulfahmi, pihak AirNav sebagai perusahaan umum lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia telah memantau ada asap tipis yang masuk ke wilayah Bandara Soekarno-Hatta dengan jarak pandang sekitar 2.000 meter.

“Kalau dilihat kasat mata seperti kabut, tetapi masih clear. Pokoknya di bawah 800 meter tak boleh ada pesawat masuk dan keluar,” terangnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi juga membenarkan, asap tipis memang sempat terlihat dari arah selatan Kota Tangerang pada Minggu pagi. Namun asap itu berlangsung sementara.

“Kemarin sempat ada pagi-pagi, tapi cuma sebentar dan sangat halus, setelah itu hilang. Memang karena kemarin hembusan angin ke arah Selatan sehingga membawa asap kiriman, jadi yang di utara relatif lebih aman,” jelasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7008 seconds (0.1#10.140)