Israel Disebut akan Serang Iran Jika Tingkat Pengayaan Uranium Melebihi 60%

Kamis, 23 Maret 2023 - 15:07 WIB
loading...
Israel Disebut akan Serang Iran Jika Tingkat Pengayaan Uranium Melebihi 60%
Jet A-4 Angkatan Udara Israel terlihat di latar belakang saat personel menyiapkan jet tempur F-16 di pangkalan udara Hatzerim, Israel selatan. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Pemerintah Israel dilaporkan mengatakan kepada Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara Eropa bahwa mereka dapat melancarkan serangan militer terhadap Iran jika Teheran melebihi tingkat pengayaan uranium 60%.

Mengutip pejabat senior Israel, media AS melaporkan pada Rabu (22/3/2023) bahwa Israel tidak ingin menetapkan pengayaan 90% sebagai "garis merah" karena Iran mungkin mulai memperkaya dan menimbun uranium pada tingkat yang sedikit di bawah yang diperlukan untuk memproduksi senjata nuklir.

"Orang-orang Iran benar-benar menginternalisasi posisi kami dan mereka tahu apa garis (merah) kami," ungkap pejabat itu, seperti dikutip outlet tersebut.

Lebih lanjut dilaporkan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu meminta Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin untuk mempercepat pengiriman pesawat pengisian bahan bakar Boeing KC-46 dan pesawat angkut militer strategis, yang dibeli Tel Aviv tahun lalu, untuk mempersiapkan kemungkinan aksi militer terhadap Iran.



Israel ingin menerima setidaknya satu pesawat pada akhir tahun 2024; namun, Austin dilaporkan memberi tahu Netanyahu bahwa akan sulit bagi Washington mempercepat pengiriman karena kebutuhan militer AS.

Perlu dicatat bahwa pemerintah Israel sebelumnya membuat permintaan yang sama kepada Austin, yang pada gilirannya menyampaikan akan “sulit” untuk mempercepat pengiriman semacam itu mengingat persediaan senjata militer AS saat ini.

Israel telah berulang kali menyuarakan keprihatinan tentang setiap dan semua uranium yang diperkaya yang dimiliki Iran.

Rezim Zionis itu juga membunyikan alarm bahwa Teheran berada di ambang untuk mencapai uranium tingkat senjata.

Adapun AS, pihak berwenang telah menolak kemungkinan itu, dengan beberapa pejabat pertahanan mengklaim Iran hanya membutuhkan dua pekan untuk membuat bom nuklir.

Adapun pejabat lain menyatakan Teheran belum membuat keputusan tentang masalah tersebut.

Yang terbaru datang ketika laporan oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sebelumnya menetapkan Iran menghasilkan sejumlah kecil partikel uranium yang diperkaya dengan kemurnian 83,7%. Senjata nuklir akan membutuhkan uranium untuk diperkaya pada 90%.

Iran, bagaimanapun, telah lama mempertahankan ambisinya untuk menjadi kekuatan nuklir. Faktanya, fatwa sebelumnya dikeluarkan pada tahun 2010 bahwa senjata nuklir dan senjata pemusnah massal apa pun dilarang, dan merupakan "ancaman serius bagi kemanusiaan."
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)