alexa snippet

Liput Piala Presiden, PWJ Meradang Polisi Halangi Tugas Wartawan

Liput Piala Presiden, PWJ Meradang Polisi Halangi Tugas Wartawan
Poros Wartawan Jakarta (PWJ) mengecam tindakan aparat kepolisian yang telah mengintimidasi dua jurnalis saat melakukan peliputan Final Piala Presiden di Gelora Bung Karno, Jakarta. (Sindophoto)
A+ A-
JAKARTA - Poros Wartawan Jakarta (PWJ) mengecam tindakan aparat kepolisian yang telah mengintimidasi dua jurnalis saat melakukan peliputan Final Piala Presiden di Gelora Bung Karno, Jakarta. Aparat kepolisian tersebut berpotensi bisa dipidanakan.

Ketua Umum PWJ Tri Wibowo Santoso mengatakan, tugas jurnalis dilindungi oleh Undang-Undang (UU) No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers. (Baca: Sorot Kekerasan Terhadap Jakmania, Jurnalis Diintimidasi Polisi)

Selain itu, perlakuan aparat keamanan terhadap dua jurnalis yang hendak melakukan peliputan Final Piala Presiden juga telah melanggar Pasal 335 KUHP, mengenai perbuatan tidak menyenangkan.

"Melarang jurnalis meliput sama dengan melanggar UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Untuk pelanggaran terhadap UU Pers ini, setiap orang yang menghambat atau menghalangi bisa dipidana paling lama dua tahun," ujar pria yang biasa dipanggil Bowo dalam keterangan pers, Minggu (18/10/2015).

Sebagai aparat penegak hukum, menurut Bowo, polisi seharusnya memahami peraturan hukum yang berlaku. "Penegak hukum kok enggak tahu hukum. Bagaimana mau menegakkan hukum?" cetusnya.

Untuk itu, lanjut Bowo, pihak kepolisian harus menindak para anggotanya yang terbukti melakukan intimidasi terhadap dua jurnalis yang melakukan peliputan Final Piala Presiden 2015.

"Kami berharap para anggota Kepolisian yang telah melakukan inntimidasi terhadap kawan kami, dapat ditindak tegas," tukasnya.

Terkait dengan gugatan hukum terhadap aparat kepolisian yang telah melakukaan intimidasi terhadap jurnalis, PWJ menyerahkan sepenuhnya terhadap institusi media tempat dua jurnalis itu bernaung.

"Soal gugatan hukum yang akan ditempuh, itu kebijakan institusi media. Prinsipnya, kami akan support kawan-kawann jurnalis," pungkas Bowo.

PILIHAN:

Simpatisan Jakmania Bentrok di GBK




(ysw)
views: 4.050
loading gif
Top