6 Prospek Kerja Jurusan Kriminologi, Nomor 5 Jaga Kerahasiaan Negara

Senin, 20 Maret 2023 - 18:34 WIB
loading...
6 Prospek Kerja Jurusan Kriminologi, Nomor 5 Jaga Kerahasiaan Negara
Sedikitnya ada enam prospek kerja jurusan kriminologi yang bisa diketahui calon mahasiswa. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam prospek kerja jurusan kriminologi yang bisa diketahui calon mahasiswa . Sebagian besar di antaranya berprofesi sebagai penegak hukum.

Jurusan Kriminologi merupakan jurusan yang mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan. Jurusan ini terbilang langka dan hanya sedikit keberadaanya di Perguruan Tinggi di Indonesia.



Meskipun sedikit, terdapat sederet prospek kerja yang membutuhkan lulusan dari Jurusan Kriminologi.

Prospek kerja jurusan kriminologi

Berikut enam prospek kerja untuk lulusan dari Jurusan Kriminologi.

1. Kepolisian

Kepolisian menjadi instansi pertama yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini yang biasanya ditempatkan di bagian laboratorium kriminologi.

Para lulusan Jurusan Kriminologi nantinya akan ditugaskan untuk melakukan penyidikan atas kasus-kasus kriminal yang beredar, mulai dari kasus kecil hingga besar yang ada di Indonesia.

2. Kejaksaan

Tak hanya instansi Kepolisian saja, Kejaksaan juga kerap memerlukan lulusan dari Jurusan Kriminologi. Biasanya lulusan dari jurusan ini akan ditugaskan menjadi staf kejaksaan yang nantinya berstatus sebagai pegawai negeri.

3. KPK

Sebagai jurusan yang mempelajari bidang kriminal, tak heran ketika lulusannya juga bisa bekerja di lingkungan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga membutuhkan lulusan dari Jurusan Kriminologi. Lulusan dari jurusan ini telah dianggap mampu akan melakukan penyidikan rangkaian tindakan korupsi yang menjerat warga negara Indonesia.


4. Kementerian Pertahanan

Tak hanya Kepolisian, Kementerian Pertahanan juga membutuhkan jurusan yang satu ini. Namun jika ingin bekerja di kementerian ini, para lulusan dari Jurusan Kriminologi harus mempunyai semangat dan kerja keras untuk menjaga kesatuan Republik Indonesia.

5. Badan Intelijen Negara

Masih di bidang keamanan negara, lulusan dari Jurusan Kriminologi juga dibutuhkan di Badan Intelijen Negara. Jika bekerja di instansi yang berwenang menjaga kerahasiaan negara ini, tak hanya prospek kerjanya yang cerah, gaji yang ditawarkan juga terbilang besar.

6. Kriminolog

Lulusan dari jurusan kriminologi juga bisa menjadi seorang ahli kriminologi yang bertugas untuk memeriksa berbagai topik yang berkaitan dengan kejahatan.

Selain itu, prospek Kerja Jurusan Kriminologi yang satu ini juga akan mempelajari penyebab timbulnya kejahatan serta dampaknya. Oleh karena itu mahasiswa dari jurusan ini dituntut untuk bisa dalam melakukan segala bentuk penelitian sosial.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)