5 Keuntungan Membeli dan Menggunakan Produk Lokal Indonesia

Sabtu, 18 Maret 2023 - 13:58 WIB
loading...
5 Keuntungan Membeli dan Menggunakan Produk Lokal Indonesia
Pemerintah terus mengajak masyarakat tanah air untuk mencintai produk lokal. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mengajak masyarakat tanah air untuk mencintai produk lokal . Pembelian dan penggunaan produk lokal Indonesia memiliki setidaknya lima keuntungan yang akan sangat bermanfaat.

Bukan tanpa alasan, penggunaan produk dalam negeri akan memunculkan deretan keuntungan yang nantinya sangat berguna, terutama bagi pelaku UMKM dan jajaran lain yang terlibat.


Keuntungan Menggunakan Produk Lokal Dalam Negeri

Berikut sejumlah keuntungan yang didapat ketika membeli dan menggunakan produk lokal Indonesia.

1. Meningkatnya Permintaan Barang Produksi UMKM

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah terjadinya peningkatan terhadap permintaan barang-barang yang diproduksi UMKM. Mengutip laman Kemenparekraf, aktivitas masyarakat terkait pembelian dan penggunaan barang lokal tanah air akan mendatangkan beberapa keuntungan.

Dari sekian banyak, salah satunya adalah meningkatnya permintaan barang buatan UMKM terkait. Apabila hal ini terus berjalan secara konsisten, perlahan tapi pasti sektor riil pada level terbawah pun akan melaju.

2. Meningkatkan Jumlah Lapangan Kerja

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan produk lokal bisa memicu permintaan lebih untuk barang terkait. Untuk memenuhi kebutuhannya yang meningkat, sektor produksi juga pasti akan memerlukan tambahan pekerja.

Maka dari itu, ketika masyarakat telah gemar menggunakan produk dalam negeri, mereka secara tidak langsung mereka sudah membantu untuk terbukanya lapangan kerja baru dan mengurangi angka pengangguran.

3. Harga Lebih Murah

Barang buatan produsen lokal biasanya memiliki harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan produk luar negeri. Salah satu alasannya tentu karena tidak adanya tarif bea masuk hingga pajak impor yang dibebankan.


4. Mendorong Terciptanya Perubahan

Keuntungan berikutnya dari pembelian dan penggunaan produk lokal adalah mendorong terciptanya perubahan.

Dalam sektor produsen lokal sendiri, hal tersebut bisa berdampak terhadap perubahan seperti digitalisasi UMKM, pengembangan kapasitas SDM terkait, hingga peningkatan kapasitas produksi dan kualitas produk dalam negeri.

5. Membuatnya Banyak Dikenal Dunia Internasional

Semakin banyak masyarakat tanah air yang menggunakan produk lokal, maka barang terkait akan semakin populer dan bisa saja turut dikenal hingga kancah internasional.

Hal ini telah dibuktikan dengan sejumlah produk Indonesia yang sudah merambah dunia internasional. Beberapa di antaranya bahkan menjadi favorit untuk orang-orang luar negeri.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)