Doa Mujarab Ketika Barang Hilang Lengkap Arab dan Latin

Minggu, 12 Maret 2023 - 22:58 WIB
loading...
Doa Mujarab Ketika Barang Hilang Lengkap Arab dan Latin
Jika mengalami kehilangan barang, tidak perlu ke dukun. Cukup ikhtiar dan berdoa meminta pertolongan Allah agar barang tersebut kembali ditemukan. Foto/SINDOnews
A A A
Setiap orang mungkin pernah mengalami kehilangan barang atau benda yang dianggap berharga. Tidak perlu ke dukun, cukup ikhtiar dan berdoa meminta pertolongan Allah agar barang tersebut kembali ditemukan.

Imam An-Nawawi dalam Kitab Bustanul Arifin menyebut sebuah doa mujarab agar Allah mengembalikan barang yang hilang. Hal ini dikemukakan oleh Ustaz Amru Hamdany dalam satu kajiannya.

Berikut doanya:

اَللّٰهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ ، اِجْمَعْ عَلَيَّ ضالَّتي

Allahumma Yaa Jaami'an-Naasi liyaumin laa roiba fiih, ijma' 'alayya dhaallatii.

Artinya: "Ya Allah, Wahai Dzat yang mengumpulkan seluruh manusia di hari yang tak ada keraguan padanya (hari Kiamat), pertemukan aku dengan barangku yang hilang."

Imam Nawawi menceritakan pengalamannya terkait amalan doa ini. Beliau berkata:

وقد جربت هذا الدعاء، فوجدته نافعا سببا لوجود ضالتي عن قرب غالبا...

"Saya telah mencoba doa ini, dan doa ini bermanfaat, saya menemukan barang saya yang hilang dalam waktu dekat."

Imam Nawawi menyampaikan bahwa doa ini pertama kali ia dengar dari gurunya Abul Baqo'. Imam At-Tanukhi meriwayatkan dalam Nasywan Al-Muhadharah, bahwa Imam Ja'far Al-Khuldi pernah meminta pesan kepada Al-Utbiy sebelum ia berpisah dengannya, Al-Utbiy kemudian berpesan: "Jika engkau kehilangan sesuatu maka bacalah doa ini, (beliau menyebutkan doa di atas). Ssungguhnya doa ini mujarrab".

Kata Ustaz Amru Hamdany, di antara karamah yang diceritakan Imam Qusyairi dalam Risalahnya, bahwa Imam Ja'far Al-Khuldi pernah punya cincin yang jatuh di Sungai Tigris. Kemudian beliau mendawamkan doa itu, dan akhirnya beliau menemukan cincin yang hilang tadi ada di lembaran-lembaran kitabnya saat beliau sedang membaca.

Demikian doa yang bisa kita amalkan ketika mengalami kehilangan barang. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)