Saat Peresmian LRT, Ahok Sindir Soal Monorel

Rabu, 09 September 2015 - 11:51 WIB
Saat Peresmian LRT, Ahok Sindir Soal Monorel
Saat Peresmian LRT, Ahok Sindir Soal Monorel
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menghadiri groundbreaking light rail transit (LRT) mengatakan keinginannya agar LRT tidak bernasib seperti Monorel.

"Ini jangan sama kayak monorel, peletakan batu pertama jadi batu nisan," katanya usai peresmian di lokasi ground breaking, Jakarta Timur, Rabu (9/9/2015). (Baca: Jokowi Resmikan Pembangunan LRT Ciburu-Dukuh Atas)

Lebih lanjut Ahok mengaku seharusnya tidak ada lagi penundaan untuk membangun transportasi berbasis rel karena pembiayaan dijamin oleh dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). "Ini ada APBN jadi aman," ujarnya. (Baca juga: LRT Ditargetkan Beroperasi Sebelum Asean Games 2018)

Sebelumnya, Jokowi meresmikan proyek LRT yang ditargetkan rampung sebelum pelaksanaan Asean Games 2018. Jalur LRT direncanankan sepanjang 83,6 kilometer (km), di mana terdiri dari liga lintas pelayanan, yakni tahap I meliputi lintas layanan Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas dengan 18 stasiun dan panjang 42,1 km.

Sedangkan tahap II lintas pelayanan Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan dan Palmerah-Grogol dengan panjang 41,5 km. Daya angkut harian dengan konfigurasi enam train set adalah 24.000 PPHD head way 2 menit saat padat. Kecepatan operasi 60-80 km/jam.

PILIHAN:

Ahok: Ratna Sarumpaet Mah Teman Foke

Usul IPDN Dibubarkan, Mendagri Sindir Ahok Lebih Hebat
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4840 seconds (0.1#10.140)