7 Drama Korea yang Malah Ditinggal Penonton Jelang Ending Cerita

Rabu, 08 Maret 2023 - 10:41 WIB
loading...
7 Drama Korea yang Malah Ditinggal Penonton Jelang Ending Cerita
Beberapa drama Korea ditinggal penontonnya justru jelang ceritanya berakhir, seperti Doom at Your Service. Foto/tvN
A A A
JAKARTA - Akhir atau ending cerita jelas akan ditunggu-tunggu para penonton setia sebuah serial atau film. Namun beberapa drama Korea justru ditinggal penontonnya justru saat ceritanya akan berakhir.

Hal yang tak biasa ini tentu saja punya banyak penyebab. Namun benang merah dari semuanya adalah karena kekecewaan atau ketidakpuasan penonton akan jalan cerita drama tersebut. Saking tak puasnya, mereka pun ogah menyelesaikan menonton drama itu, setidaknya saat real-time.

Ini bisa dilihat dari rating drama-drama itu yang terus menurun, justru saat episode-episode terakhirnya akan ditayangkan. Lebih menyedihkan lagi saat rating tertingginya justru adalah pada episode perdana, yang menunjukkan bahwa sebenarnya serial itu punya banyak peminat dan berpotensi berhasil dari segi rating.

Berikut ini tujuh drama Korea yang ratingnya terus turun jelang episode-episode akhir, dengan data dari Nielsen Korea.

1. You Are My Spring (2021)

7 Drama Korea yang Malah Ditinggal Penonton Jelang Ending Cerita

Foto: tvN

Drama yang dibintangi Seo Hyun-jin, Kim Dong-wook, Yoon Park, dan Nam Gyu-ri ini menyampurkan berbagai genre dalam satu cerita, mulai dari thriller, misteri, hingga komedi romantis. Namun hasilnya justru tak bagus dari segi rating.

Tayang di tvN sebanyak 16 episode, rating tertinggi drama ini ada pada episode perdana, yaitu sebesar 3,3%. Setelah itu, ratingnya malah terus turun, bahkan angka terendahnya ada pada episode 15, yaitu hanya 1,7%.

Beberapa penonton yang kecewa menyebut ceritanya dangkal dan membosankan, serta dialognya terlalu kaku. You Are My Spring bercerita tentang pembunuhan yang terjadi di sebuah apartemen, dengan orang-orang dewasa yang masih terbelenggu trauma masa kecil mereka.

2. Doom at Your Service (2021)

7 Drama Korea yang Malah Ditinggal Penonton Jelang Ending Cerita

Foto: tvN

Sama seperti You Are My Spring, drama ini juga ditinggalkan banyak penonton saat episode 15 atau satu episode sebelum ceritanya tamat. Ratingnya saat ditayangkan di tvN adalah 2,3%, setelah mencatat rating tertinggi 4,4% pada episode 2.

Episode-episode awal Doom at Your Service disebut cukup menarik, tapi setelah itu kualitas ceritanya menurun. Drama ini bercerita tentang kisah cinta antara manusia dan dewa kehancuran, dengan pemain Park Bo-young dan Seo In-guk.

3. Missing 9 (2017)

7 Drama Korea yang Malah Ditinggal Penonton Jelang Ending Cerita

Foto: MBC

Missing 9 juga termasuk drama yang ratingnya turun jelang akhir cerita, padahalnya sebenarnya punya premis yang menarik. Kisahnya tentang sekelompok orang yang terdampar di sebuah pulau karena mengalami kecelakaan pesawat. Dari sini, salah satu yang selamat ternyata adalah seorang pembunuh.

Meski menarik, namun nyatanya rating drama yang tayang di MBC ini tidak terlalu mengesankan. Dibuat sebanyak 16 episode, ratingnya malah turun drastis hingga ke angka terkecil, justru pada episode 14. Angkanya adalah 3,6% setelah sempat mencatat rating tertinggi 6,5% pada episode pertama.

Missing 9 disebut punya karakter-karakter yang menyenangkan, tapi ceritanya berantakan dan membuat penonton sebal. Drama ini dibintangi oleh Baek Jin-hee, Jung Kyung-ho, dan Choi Tae-joon.


4. Tomorrow (2022)

7 Drama Korea yang Malah Ditinggal Penonton Jelang Ending Cerita

Foto: MBC

Drama Korea ini sangat unik, karena punya dua pendapat yang berbeda antara penonton di Korea dan di luar Korea. Serial ini mendapat respons bagus dari penonton internasional, tapi di Korea termasuk yang ditinggal penggemar justru jelang akhir cerita.

Data dari Nielsen Korea menunjukkan rating terendah drama 16 episode ini ada pada episode 13, yaitu 2,3%. Rating episode finalnya adalah 2,8%.

Ini sebenarnya sangat disayangkan karena episode 1 justru mencatat rating tertingginya, yaitu 7,6%. Ini artinya, awalnya drama MBC ini disambut antusias penonton, tapi lama-kelamaan minat mereka langsung turun drastis.

Beberapa penonton menyebut penyebabnya adalah cerita yang fokus pada karakter-karakter sampingan dibanding karakter utama yang diisi pemain andal seperti Kim Hee-sun dan Lee Soo-hyuk. Drama ini bercerita tentang tim malaikat yang mencegah manusia untuk bunuh diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2952 seconds (0.1#10.140)