Lima Kecamatan di Bekasi Terancam Kekeringan

Selasa, 28 Juli 2015 - 03:34 WIB
Lima Kecamatan di Bekasi Terancam Kekeringan
Lima Kecamatan di Bekasi Terancam Kekeringan
A A A
BEKASI - Pemkab Bekasi menyebutkan lima kecamatan terancam mengalami kekeringan menyusul datangnya musim kemarau tahun ini. Saat ini, kekeringan itu sudah terjadi di Kecamatan Cibarusah.

”Kekeringan sudah terjadi di Kecamatan Cibarusah, dan empat kecamatan lainya juga terancam kekeringan,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Sahat MBJ Nahor, Senin 27 Juli 2015 kemarin. Sahat mengaku, kekeringan sudah terjadi di empat desa di Kecamatan Cibarusah.
Diantaranya, Desa Cibarusah Kota, Sirnajati, Ridomanah dan Ridogalih yang mengalami kekeringan.Rata-rata sumber air warga berupa sumur tidak lagi mengeluarkan air.

Sahat menyebutkan, empat kecamatan yang terancam kekeringan ialah Cikarang Pusat, Cikarang Timur, Babelan, dan Tambun Utara. Ancaman kekeringan makin parah lantaran lima daerah itu tidak dilalui aliran sungai.

Sehingga, setiap musim kemarau selalu kekeringan. Saat ini, kata dia, pihaknya masih melakukan pengecekan ke daerah yang rawan itu. Untuk wilayah Kecamatan Cibarusah bantuan air bersih juga sudah dilakukan dibeberapa titik.

Camat Cibarusah, Iman Santoso menambahkan, sebanyak 2.444 kepala keluarga (KK) dari empat desa tersebut sudah megalami kekeringan. Data tersebut didapatnya pada pertengahan Juni lalu. ”Kemungkinan setiap hari akan terus bertambah setiap harinya,” tambahnya.

Sementara warga Cibarusah mengaku, kiriman air bersih yang diberikan BPBD dinilai warga belum merata keseluruh wilayah titik kekeringan. Bahkan, solusi pipanisasi PDAM Tirta Bhagasasi dan pembuatan tetoron atau penampungan air dibeberapa titik dinilai tidak efektif.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4795 seconds (0.1#10.140)